Hoax Zona Kuning Corona
(Foto: XinHua)

Sabigaju.com – Belakangan ini beredar Informasi meresahkan mengenai sejumlah kota yang masuk  zona kuning virus corona di Indonesia beredar di media sosial dan pesan berantai di aplikasi percakapan Whatsapp yang berbunyi :

“Info kemkes 6 kota zona kuning corona: Medan, Batam, Jkt, Sby, Bali dan Manado. Sediakan masker di rumah dan hand sanitizer. Usahakan jangan dl ke tempat umum dan traveling.”

Namun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membantah telah mengeluarkan fakta menggemparkan soal corona tersebut.

Sejauh ini Kemenkes terus melakukan upaya cegah tangkal Covid-19 di 135 pintu masuk negara (darat, laut, udara), termasuk SDM dan peralatannya.

Masyarakat diimbau untuk tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan hoaks yang tidak jelas isi dan sumbernya.

BACA JUGA: Virus Corona dan Bangkitnya Fenomena Sinophobia

Hoaz Zona Kuning Corona
(DOK: Kemenkes)

Meski demikian, Kemenkes memang meminta kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada akan persebaran virus corona di keenam kota tersebut.

Pasalnya, kota-kota tersebut merupakan pintu masuk bagi para turis yang berkunjung ke Indonesia. Peningkatan kewaspadaan ini penting untuk mencegah masuknya virus Covid-19 ke Indonesia.

Selain itu, jika memiliki gejala penyakit yang berkaitan dengan Covid-19 (demam, batuk, sesak nafas), masyarakat diimbau untuk segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat. Apabila ada pertanyaan seputar Covid-19 dapat menghubungi hotline center: 021 5210411 atau 0812 1212 3119.

Jaga selalu kebersihan diri antara lain dengan mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menerapkan etiket batuk/bersin.

BACA JUGA: Sentimen Rasisme Saat Merebaknya Virus Corona, Ironis 

Corona Belum  Ada yang Terdeteksi Corona

Hingga kini, Indonesia masih menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mengklaim tidak memiliki satupun kasus virus corona atau penyakit COVID-19 terkonfirmasi. Padahal negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah terjangkit virus ini.

Namun, pihak asing masih belum sepenuhnya yakin dengan klaim bebas corona oleh pejabat Indonesia.

Secara terbuka, pemerintah Indonesia bersikeras jika sudah mendeteksi dan hasilnya adalah tidak ada satupun kasus virus corona yang masuk. Padahal penyakit ini telah dan hampir 3000 orang telah meninggal.

Sebagai informasi, Indonesia telah menguji 136 orang yang diduga terjangkit virus, padahal Indonesia merupakan negara yang berpenduduk hampir 270 juta orang.

BACA JUGA: Corona Merajalela, Peluk dan Cium Nggak Recommended

Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China itu sudah menyebar ke sejumlah negara. Total setidaknya ada 50 negara yang melaporkan temuan kasus infeksi Covid-19 ini.

Jumlah kasus infeksi virus corona terus mengalami peningkatan. Hingga Jumat (28/2/2020) pagi kasus virus corona secara global mencapai 83.265 dengan jumlah kematian mencapai 2.858. Kendati demikian, pasien yang sembuh juga mengalami peningkatan dengan total 36.436

Total setidaknya ada 50 negara yang melaporkan temuan kasus infeksi Covid-19 ini. (Sbg/Rig)

Comments