Kim Jong Un bersama para pemimpin mIliter Korea Utara
Kim Jong Un bersama para pemimpin mIliter Korea Utara

Sabigaju.com – Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikenal sebagai kepala negara yang paling tertutup. Korea Utara memang negara yang serba tertutup dalam berbagai hal, begitu pun dengan kehidupan keluarga Kim Jong Un, pemimpin negara itu, yang diselimuti misteri.

Kim Jong Un berkuasa penuh atas Korea Utara setelah kematian ayahnya Kim Jong Il di tahun 2011. Namun di balik sosok misteriusnya, Kim Jong Un dikenal dengan gaya hidup yang penuh kemewahan.

Suatu hal yang bertolak belakang dengan kehidupan rakyatnya yang mayoritas kekurangan dan miskin. Berikut gaya hidup mewah Kim Jong Un yang dihimpun Sabigaju.com dari berbagai sumber.

1.  Punya Puluhan Istana

Anda tidak akan menemukan jawaban  “Di mana Kim Jong Un tinggal?”. Kim  memiliki sedikitnya 20 istana yang tersebar di seluruh negara. Dia juga punya pulau pribadi. Salah satu  tempat yang kerap disinggahi Kim Jong Un adalah Istana Kumsusan.

Istana Kumsusan di Korea Utara
Istana Kumsusan di Korea Utara

Tempat itu dikenal sebagai Mausoleum Kim II Sung, bangunan yang terletak di sudut timur laut kota Pyongyang. Kumsusan adalah istana terbesar yang pernah didedikasikan untuk seorang pemimpin komunis.

Ryugyong hotel di Pyongpyang Korea Utara (Foto Instagram)
Ryugyong hotel di Pyongpyang Korea Utara (Foto Instagram)

Selain itu, rezim berkuasa ini juga memiliki sebuah hotel mewah dan unik, yakni hotel Ryugyong, yang juga disebut sebagai hotel terbesar di dunia yang memiliki 105 lantai.

Diperkirakan, sekitar 5.000 wisatawan mengunjungi 120 kamar hotel yang memiliki menara piramida setiap harinya. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan membangun resort, kolam renang, dan fasilitas liburan mewah lainnya agar dapat menjaring kekayaan individu-individu kaya.

Resort Masikryong di Korea Utara (Foto Instagram)
Resort Masikryong di Korea Utara (Foto Instagram)

Selain itu Kim juga memiliki resor mewah ski Masikryong di puncak gunug Taehwa. Tempat yang berada diatas ketinggian 1.360 mdpl itu dibangun atas perintahnya.

2. Hobi Musik yang Mahal

Kim Jong Un sangat mencintai piano
Kim Jong Un sangat mencintai piano

Tak ada yang menyangka kalau pemimpin Korea Utara yang telah mengeksekusi mati 70 pejabat sejak berkuasa ini merupakan penggemar piano.

Jika kita umumnya hanya memiliki 1-2 piano di rumah, Kim mempunyai lebih dari 20 piano yang tersebar di sejumlah kediamannya. Apakah Kim merupakan pemain piano yang andal?

Tidak ada yang tahu pasti mengenai ini. Rumor mengatakan, ia bermain piano beberapa kali dalam sehari dan jika terjadi kesalahan, maka itu adalah kesalahan piano dan bukan kesalahannya.

Yang pasti, setiap kali berbelanja piano, dia selalu ditemani pekerja yang kelihatannya bertugas untuk menyenangkannya dengan selalu memujinya sebagai pemain piano terbaik di dunia ketika dia memainkan jari-jarinya.

3.  Rakus Makanan Mewah

Kim Jong Un sangat rakus dengan Makanan mewah (Foto My First Class Life)

Kim Jong Un sangat senang memesan daging babi kualitas tinggi dari Denmark, caviar dari Iran, melon dari China dan steak dari Jepang. Tidak jelas berapa angka pasti yang dia habiskan untuk makanan-makanan tersebut.

Ayah satu anak in sempat menghilang dari kehidupan publik karena kebanyakan makan keju Emmental dari Swiss, makanan kesukaannya.  Hobinya makan, telah membuat Kim menjadi sangat gemuk. Dampaknya, kista pernah tumbuh di pergelangan kaki yang harus diangkat melalui operasi.

4. Penggemar Kuda

Kim Jong Un hobi berkuda

Sebagai penggemar kuda, dia menghabiskan 20% anggaran negara untuk pemeliharaan dan fasilitasnya. Ia dikenal menggemari kuda dan tak tanggung-tanggung menggelontorkan dana untuk hobinya itu.

Menurut sejumlah laporan, sekitar 20 persen anggaran negara Korut dihabiskannya untuk merawat kuda balapnya. Angka tersebut tergolong pemborosan besar, mengingat pada 2008 anggaran sektor publik Korea Utara hanya sekitar US$ 62 juta (Rp 812 miliar).

Kim bahkan melegalkan perjudian kuda di negaranya untuk meraup keuntungan dari turis yang berlibur di negaranya tersebut.

5.  Doyan Alkohol Import

Kim Jong Un sangat hoby dengan minuman beralkohol (Foto AP)

Seperti ayahnya, Kim yunior juga merupakan penggemar minuman beralkohol. Dua minuman favoritnya adalah wiski dan cognac. Dia mengimpor ribuan botol minuman jenis itu dari berbagai negara di penjuru dunia untuk memuaskan kegemaran minumnya.

Kim Jong-un dikabarkan menghabiskan US$30 juta (Rp 394 miliar) per tahun hanya untuk mengimpor alkohol terbaik dari seluruh dunia.

Namun tak sembarang alkohol ia pesan. Salah satu merk favoritnya adalah Hennessy yang berharga hingga US$ 2.145 (Rp 28 juta) per botolnya.

6. Penggemar Bola Basket

Kim Jong Un dan Dennis Rodman

Saat muda Kim Jong Un ternyata lebih condong minatnya ke musik dan bola basket. Kim bahkan lebih menggemari bola basket ketimbang pelajaran di bangku sekolah.

Kecintaan Kim terhadap basket dimulai saat Ia menjadi penggemar fanatik Chicago Bulls. Michael Jordan adalah pemain favoritnya.

Kim juga berteman dekat dengan mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang telah melakukan beberapa perjalanan ke Korea Utara. Rodman membangun persahabatan unik dengan Kim Jong Un sejak pertama kali datang ke negeri itu pada 2013.

Rodman disebut-sebut sebagai orang Amerika pertama yang masuk ke kediaman Kim Jong Un. Rodman yang menyebut Kim sebagai teman baik tersebut menggambarkan kehidupan Kim layaknya pesta bintang tujuh. “Seperti pergi ke Hawaii dan Kim satu-satunya yang tinggal di sana,” kata Rodman.

Rodman menceritakan, Kim memiliki asisten yang jumlahnya ditaksir  50-60 orang untuk melayani semua kebutuhannya, dengan makanan dan minuman kualitas terbaik. “Dia minum koktail dan tertawa sepanjang waktu. Semua yang Anda inginkan, dia memiliki yang terbaik.”

7.  Maniak Mobil Mewah

Kim Jong Un tengah menaiki Mercedez lapis baja

Salah satu faktor yang menarik dari Kim Jong Un adalah kendaraannya. Pada Desember tahun lalu, harian Korea Selatan, Chosun Ilbo, mengutip sumber yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa Kim membeli sebuah mobil Mercedez Benz S600 ini harganya adalah US$ 1,7 juta atau setara dengan Rp 22,25 miliar.

Menurut laman msn, bahkan Kim disebut memiliki lebih dari 100 unit mobil di garasi pribadinya, yang nilainya diprediksi mencapai jutaan dolar. “Merek mobil favoritnya adalah Mercedes-Benz,” demikian tulis sumber tersebut. (Sbg/Rig)

Comments