Kondisi Finansial
rat race yang dijalankan secara terus-menerus bakal memberikan hasil yang signifikan dimana kondisi finansial kamu sangat mengerikan. (Sumber Foto: Via Work Faster. Work Smarter.com)

Sabigaju.com – Setiap pria tentunya menginginkan kondisi finansial yang mapan. Agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan maupun keinginannya

Namun demikian, tidak semua orang bisa mewujudkan kondisi finansial tersebut. Terlebih jika hingga kini kamu tidak sadar telah terjebak dalam pola hidup rat race cycle sehingga mustahil menggapai harapan kondisi finansial yang mapan

Pola hidup rat race cyle ini tidak terlihat seperti jebakan. Pasalnya ia tertutupi oleh tujuan utama seseorang bekerja, yaitu untuk mendapatkan uang demi mencapai kebahagiaan.

Tapi yang terjadi di lapangan, kebanyakan orang lupa daratan alias tak memiliki kontrol dalam mengeluarkan uang demi meraih kebahagiaan tersebut.

BACA JUGA: Waspada Agar Tidak Terjerat Kejahatan Finansial 

Lebih Jauh Mengenal jebakan Rat Race Cyle

Mengapa seseorang yang telah masuk ke dalam pola hidup rat race cyle, tidak kn menemukan kondisi financial yang mapan?

Hal itu terjadi lantaran pengelolaan keuangan mereka amat buruk kalau tidak ingin dibilang ceroboh.

Urutan siklus rat race cyle yang dijalankan secara terus-menerus bakal memberikan hasil yang signifikan dimana kondisi finansial kamu sangat mengerikan.

Kamu bekerja untuk mendapatkan gaji bulan berikut-berikutnya hanya dilakukan untuk menutup utang, membayar pengeluaran bulanan, membayar cicilan, tanpa memiliki kemampuan dan dana lebih untuk menabung dan berinvestasi.

BACA JUGA: Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil 

Kondisi ini tentunya mirip dengan kebiasaan hamster yang gemar berlari di treadmill berbentuk roda. Hamster yang bermain treadmill terus berlari di tempat yang sama tanpa mencapai tujuan yang lebih jauh. Persis banget seperti orang yang terjebak dalam kondisi finansialnya sendiri.

Kalau kini kamu sadar dan ingin keluar dari siklus rat race cyle, jangan khawatir. Nggak rumit kok . Soalnya kamu cuma harus memutus rantai rat race cyle sehingga tak terjebak melakukan pengulangan yang sama.

Jika tak ingin terjebak dalam kondisi finansial yang stagnan, sebaiknyakamu mulai melakukan beberapa hal ini:

BACA JUGA: Stop Menghabiskan Banyak Uang Hanya untuk Bikin Orang Terkesan! 

Jalani Gaya Hidup Hemat dan Disiplin

Meskipun gajimu terus bertambah, bukan berarti gaya hidup Anda harus semakin mewah. Ingatlah, kamu memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Terutama kalau kamu sudah berkeluarga.

Selain itu kamu juga jangan ragu untuk berbagi cerita dengan pasangan tentang solusi finansial yang kamu butuhkan.

Kemungkinan besar pasanganmu bisa membantu mengelola kondisi finansial secara efektif.

Yuk Ciptakan Sumber Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif bisa diperoleh dari investasi, penyewaan objek properti, dan bisnis sampingan. Pendapatan pasif tersebut akan mendukung kondisi finansial yang mapan.

BACA JUGA: Tinggalkan, Sederet Gaya Hidup yang Bisa Menghambat Kesuksesan 

Waktunya Melunasi Hutang

Utang adalah hambatan untuk menabung dan berinvestasi. Jadi, jangan tunda niat untuk melunasi utang.

Kamu harus memproritaskan pelunasan utang yang bunganya besar dan mendesak.

Jangan biarkan rat race cycle merusak masa depan  dan kondisi finansial . Pengelolaan finansial yang tepat akan membuat kondisi finansial  kamu akan stabil meskipun ada masalah tak terduga di kemudian hari. (Sbg/Rig)

Comments