Sabigaju.com – Selalu ada saja cerita lain di luar kandungan mendalam nilai-nilai Pancasila. Salah satunya padu padan gaya para menteri Kabinet Kerja pimpinan Jokowi yang di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (1/6) lalu tampil beda dengan rupa-rupa pasangan adat yang dikenakan.

Di momen sakral itu, nyaris seluruh menteri dan pejabat negara hadir mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia.

Terlihat di lokasi acara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi terlihat mengenakan pakaian adat Madura. Hal serupa juga tampak dari setelan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, yang mengenakan pakaian tradisional khas Nias. Sementara Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tampak asik mengenakan pakaian tradisional Batak Karo.

Menaker Hanif Dhakiri dan menpora Imam Nahrawi selesai mengikuti upacara peringatan hari lahir pancasila (Twitter @lbastomi)

Ide penggunaan pakaian adat itu kabarnya merupakan ide langsung dari Presiden Joko Widodo. Lewat pakaian adat itu seakan ia ingin menegaskan jika Kabinet ini dibangun dengan latar suku dan agama yang beragam.

Keberagaman tersebut pun ditegaskan kembali dalam pidato Jokowi di upacara Hari Lahir Pancasila.

"Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman," pungkas Jokowi. (Sbg/Ink)

Comments