Makan Junk food
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Siapa sih yang tidak suka makan junk food? Oke mungkin beberapa dari kamu memang ada yang tidak suka. Tapi  sebagian besar umat manusia dia bumi ini , doyan banget dengan makanan instan ini.

Pasalnya, makanan ini memang sangat menggoyang lidah alias, enak banget.

Namun banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari bahwasanya, mengkonsumsi junk food yang terlalu sering, akan memberikan dampak yang sangat merusak sperma pada pria. Terlebih bagi kita-kita yang masih berusia 20an.

BACA JUGA: Potensi Kematian Dini dan Panjangnya List Makanan Olahan

 Dampak Sering Makan Junk Food terhadap Sperma

Lewat  studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Harvard baru-baru ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mereka, ditemukan bahwa pria yang terlalu sering makan junk food, memiliki tendensi jumlah sperma yang jauh lebih sedikit dan bahkan “rusak”. Dan kerusakan ini menurut penelitian tersebut tidak akan bisa membaik lagi.

Penelitian ini didapatkan setelah meneliti 3000 pria yang berada di kisaran usia 18-20 tahun. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa mereka yang kerap memakan makanan junk food, akan memiliki jumlah sperma yang jauh lebih sedikit daripada mereka-mereka yang sering makan-makanan menyehatkan seperti: Ikan, daging, dan sayur-sayuran.

Makan Junk Food
(Foto: Unsplash)

Mengapa bisa demikian? Well, menurut ahli kesuburan dari Universitas Sheffield, Allan Pacey, kandungan-kandungan yang terdapat di dalam junk food ternyata, bisa membuat tingkat stres tubuh meningkat secara tinggi yang otomatis, akan membuat kualitas sperma menjadi memburuk.

Menurutnya, beberapa makanan junk food yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah: Pizza, keripik kentang hingga daging merah.

BACA JUGA: Kenikmatan Mematikan dalam Minuman Bersoda

Jumlah Sperma Yang Ideal Bagi Seorang Pria

Menurut pernyataan dari badan kesehatan dunia WHO, jumlah sperma yang normal dan sehat umumnya adalah sekitar 39 juta. Jumlah ini terkadang bisa lebih banyak lagi ketika si pria berejakulasi.

Nah, mereka-mereka yang kerap makan junk food atau process food, umumnya memiliki pengurangan jumlah yang hingga mencapai 25.6 juta saja.

Makan Junk Food
(Foto: Pexels)

Beberapa ahli lain menemukan bahwa junk food, sangat memengaruhi sel tubuh yang bernama, Sertoli.

Sel Sertoli inilah yang mempengaruhi tingkat serta kualitas sperma yang ada di dalam tubuh kita.

Dan apabila sel ini sudah rusak, maka seperti yang dikatakan sebelumnya, sangat mustahil untuk bisa semula lagi terlepas, kita sudah berusaha mati-matian merubah gaya makan dan diet kita.

BACA JUGA: Begini Cara Cerdas Mengatasi Kebiasaan Mengonsumsi Junk Food

Nah melihat hal ini, maka sudah jelas banget bagi kita untuk mulai mengurangi bahkan kalau perlu, berhenti total makan junk food. karena  makanan  ini, memanglah bukan makanan yang baik untuk dikonsumsi tubuh kita.

Karena soal kejantanan, jauh lebih vital daripada sekedar satu gigitan chess burger yang hanya enak sesaat di lidah.

Semoga artikel ini bisa menjadi reminder yang super bermanfaat ya! (Sbg/Rig)

Comments