Perempuan Internasional
Hari ini, Jumat, 8 Maret 2019, para perempuan di seluruh dunia memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day.

Sabigaju.com – Hari ini, Jumat, 8 Maret 2019, diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day. Sebuah momentum untuk menjunjung tinggi dan menghormati hak-hak perempuan.

Secara khusus Laman mesin pencarian terbesar di Bumi, Google, merayakannya dengan menampilkan doodle berupa kutipan inspiratif dari para tokoh perempuan dari seluruh dunia dengan ilustrasi yang menarik.

Adapun beberapa perempuan di antaranya yakni seniman Meksiko Frida Kahlo, seniman Yoko Ono dari Jepang, astronot asal AS dr Mae Jemison, Mary Kom petinju asal India, Zaha Hadid arsitek asal Irak, Emma Herwegh (Jerman), Sanmao (penulis ), Emma Herwegh (penulis ), Millicent Fawcett (penulis ) dan beberapa tokoh lainnya.

Perempuan Internasional
Sumber Google

Google sendiri, menjelaskan proses pemilihan 13 kutipan ini bertujuan untuk mewakili keragaman suara perempuan yang menggambarkan masa lalu, sekarang dan masa depan dari komunitas perempuan di seluruh dunia.

Adapun tema¬†‘balance for better’ dipilih sebagai tema peringatan pada 2019 ini karena belum terjadinya keseimbangan atau kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan.

BACA JUGA:

 

Trending di Twitter Indonesia

Gaung Hari Perempuan Internasional pun terjadi di berbagai media sosial di tanah air

Para netizen meramaikan media sosial Twitter dengan menyuarakan aspirasi mereka lewat tagar #InternationalWomensDay. Saking banyaknya yang turut berpartisipasi, tagar #InternationalWomensDay pun menduduki puncak trending topic di Twitter Indonesia.

Para netizen umumnya memberikan beberapa quotes inspiratif. Mereka juga mengungkapkan harapan terhadap kaum perempuan ke depannya.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Hal itu berawal dari demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd yang memicu terjadinya Revolusi Rusia.

Barulah pada 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia,

Segenap Tim Sabigaju mengucapkan Selamat Hari Perempuan Internasional 2019. (Sbg/Rig)

Comments