Musik EDM
Saat ini genre electronic dance music alias musik EDM sangat digandrungi oleh generasi zaman now. ( Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Sekitar tujuh tahun belakangan ini, musik programming telah mengalami peralihan jenis musik yang dulunya difavoritkan pada aliran Trance & Progressive, menjadi aliran Electronic Dance Music alias musik EDM.

Aliran musik EDM adalah aliran musik programming yang terasosiasi dengan musik kekinian seperti yang biasa dibawakan DJ Calvin Harris, DJ Tiesto, DJ Marshmello, Swedish House Mafia, The Chainsmokers, Rihanna di album terbarunya, dan masih banyak lagi.

Musik EDM ini mulai terdengar sekitar tahun 2011 ketika industri musik programming didorong oleh Amerika Serikat untuk re-branding budaya rave bagi keperluan kancah global.

Musik EDM ini mencapai masa keemasan pada tahun 2016, dimana acara-acaranya tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Sebut saja seperti acara pentas festival DJ terbesar dunia yang saat ini tergolong sangat kekinian dengan dilakukan secara outdoor bernama Tommorowland. Gokil Sob!

BACA JUGA: Dubstep, Pilihan Nyentrik Anak Jaman Now

EDM di Indonesia

Di tanah air sendiri juga diadakan acara rave party satu tahun sekali, yakni Djakarta Warehouse Project (DWP) yang dimulai pada tahun 2008, dan Invasion Electric Dance Music Festival yang pada saat itu mengundang artis-artis besar seperti DJ Avicii, DJ David Guetta, DJ Alesson, Zedd, Swedish House Mafia, dan lain-lain.

Musik EDM
Penonton selalu memenuhi pertunjukan Dipha Barus (Foto: Instagram diphabarus)

Selain itu, saat ini Indonesia juga sudah memiliki DJ handal musik EDM ini yang menurut pendengaran kami keren loh, sob!

Sebut saja DJ Dipha Barus, yang namanya terkenal setelah merilis single ‘No one can stop us now’ bersama Kallula.

BACA JUGA: Destinasi: Sengat Elektrik Ala Onad dan Widy

Lebih Jauh Soal EDM

Tentang genre musik EDM sendiri, terdapat dua pendapat yang berbeda. Ada yang berpendapat bahwa musik EDM memiliki beberapa sub-genre seperti Dubstep, House Music, Disco, Techno, Drum and Bass dan masih banyak lagi.

Musik EDM
The Chainsmokers saat tampil menghibur penonton belum lama ini. (Foto: Instagram thechainsmokers)

Pendapat lain mengatakan bahwa genre-genre musik di atas merupakan genre yang terpisah dari EDM.

Nah, kamu bisa dengarkan karya musisi EDM seperti Calvin Harris, David Guetta, Marshmello, Hardwell, hingga Nicky Romero.

Setelah itu, baru deh kamu tentukan deh, kamu memihak pada pendapat yang mana. (Sbg/Ary)

Comments