Food Vlogger
Seorang food vlogger biasanya kerap mengulas tentang produk makanan, minuman maupun restoran dan kafe di akun video milik mereka.(Foto: YouTube)

Sabigaju.com – Salah satu kegiatan yang kini tengah digandrungi banyak orang adalah  mereview makanan ataupun tempat makan dengan harapan menjadi seorang food vlogger.

Yup, seorang food vlogger biasanya kerap mengulas tentang produk makanan, minuman maupun restoran dan kafe di akun video milik mereka.

Tapi kamu mesti tahu nih, makanan kan berurusan dengan selera, itu sebabnya untuk menjadi seorang food vlogger tidak boleh ngasal! Kamu tidak boleh asal bilang enak ataupun memberi penilaian asal bilang mahal. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Vlog, Tren Sesaat atau Bakal Berkembang?

Punya Integritas

Untuk bisa menjadi seorang food vlogger yang punya nilai jual tinggi dan dapat dipercaya kamu harus memiliki Integritas. Hal itu berarti kamu mesti memiliki sikapi objektif dan jujur

Dalam menilai makanan, seorang food blogger juga harus objektif dan jujur. Kamu tidak sekadar menilai makanan tersebut enak atau tidak, tetapi juga harus bisa memberikan alasan yang jelas, saran, maupun solusi jika makanan tersebut rasanya memang kurang pas.

Sampaikan review secara jujur agar konsumen tidak merasa dibohongi saat berkunjung ke restoran tersebut.

BACA JUGA: Belajar Memasak Lewat You Tube Bikin Kita Tambah Mahir? 

Peka akan rasa

Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang food vlogger kamu juga harus peka akan rasa makanan ataupun bahan makanan sehingga penonton video mu bisa membayangkan kelezatan makanan tersebut dan tertarik ingin mencicipinya.

Sebelum memberikan ulasan, kamuharus tahu bahan-bahan yang dicampurkan ke dalam makanan yang dipesan.

Hindari kesalahan saat menyebutkan nama bahan makanan untuk meminimalisir komentar yang tidak mengenakkan.

BACA JUGA: Belajar Fotografi dengan Kamera Stylish ini 

Aktif di media sosial

Hal lain yang dibutuhkan untuk menjadi seorang food vlogger adalah aktif di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun media sosial khusus untuk makanan. Makin sering kamu berbagi konten yang menarik maka reputasimu di dunia maya semakin baik.

BACA JUGA: Aplikasi Editing Canggih Buat Bikin Vlog Jadi Keren

Canggih Mesti

Food vlogger adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Namun, Anda harus mampu menyeimbangkan dua pekerjaan sekaligus, yakni makan dan merekam video demi mendapatkan kualitas video yang tinggi.

seorang food vlogger harus memiliki kemampuan video dan editing agar konten yang tercipta lebih menarik. Skill yang canggih ini bisa mengimbangi kamera ponsel yang kamu miliki.Ingat keperluan video tidak melulu harus menggunakan kamera mahal.

BACA JUGA: Sederet Hobi ini Bisa Mendatangkan Kecerdasan Bagi Cowok

Jangan Ikut Arus

Saat sebuah makanan ataupun sebuah restoran tengah hype biasanya banyak orang yang berlomba-lomba mereviewnya. Tahan! Kamu gag perlu ngikutin mereka.

Yang harus kamu lakukan adalah membuat konten anti mainstream, artinya belum pernah diulas ataupun masih jarang diulas oleh vlogger lain.

Dengan begini kamu seolah-olah menjadi promotor pertama yang memperkenalkan makanan tersebut.

Konten anti mainstream sangat bagus untuk menaikkan jumlah views di sosial media.

BACA JUGA: Baru Belajar Masak? Ini Alat Dapur yang Wajib Anda Punya 

Konsistensi

Agar jumlah penonton videomu makin meningkat, kamu harus konsisten mengunggah foto atau video ulasanmu ke media sosial.

Tentukan jumlah konten yang akan diterbitkan dalam satu minggu dan waktu penerbitan konten.

Usahakan agar kamu mengunggah secara konsisten sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Biar lebih variatif, kamu membuat konten yangn tidak melulu harus ulasan makanan.

Kamu bisa membuat konten lain, tetapi masih berkaitan dengan makanan, seperti video memasak atau menjelaskan bahan makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi.

Agar penonton semakin terhibur kamu juga bisa menunjukkan ekspresi lucu saat mencicipi makanan atau menambahkan klip singkat saat kamu sedang mengedit video.

Hiburan seperti ini bisa dijadikan sebagai ciri khas dari setiap videomu.

BACA JUGA:  

Lima Alasan Mengapa Cewek Cinta Banget Sama Cowok yang Hobi Memasak 

Perhatikan Judul

Hal penting yang harus kamu lakukan kala menjadi food vlogger adalah mempertimbangkan judul untuk setiap video yang akan diunggah di media sosial. Pastikan konten tersebut mudah ditemukan agar jumlah views semakin meningkat.

Bila perlu, tambahkan beberapa hashtags yang berhubungan dengan isi dari konten yang akan diterbitkan. Sesuaikan penulisan judul dengan target penonton yang ditentukan.

Oke Selamat mencoba menjadi food vlogger.

Comments