Seorang pria pakai masker
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sudah ada yang tahu, kalau ternyata terdapat studi yang mengungkap bahwa pria lebih enggan pakai masker. Kenapa, sih? Jangan-jangan kamu salah satunya.

Ada dua alasan terbesar kenapa pria enggak mau pakai masker menurut sebuah studi yang dilakukan beberapa waktu lalu terungkap ada dua alasan

Pertama, mereka enggak percaya soal risiko penularan COVID-19. Kedua, mereka merasa tidak maskulin dan malu ketika memakainya.

Ini serupa dengan fakta yang ada bahwa ternyata, korban tenggelam di laut atau perairan lainnya adalah pria.

BACA JUGA: Utamakan Fungsi Saat Pakai Sepatu di Masa Pandemi

Faktornya, pria senang menolong orang ketika tenggelam dan berenang dalam kondisi tidak aman alias tidak menggunakan jaket penyelamat.

Artinya, ini bukan isu baru. Pria sepertinya enggan mengakui kelemahan. Apakah memakai masker atau jaket penyelamat mengurangi maskulinitas kita? Nampaknya, mengakui kelemahan sama artinya sebagai kutukan.

Stereotip maskulinitas tak hanya merugikan gender lain, tapi ternyata juga pria itu sendiri. Jika memakai masker sudah merupakan himbauan mutlak untuk menghindari penularan COVID-19, kenapa kita masih kalah dengan ego kita?

BACA JUGA: Penting! Antisipasi Penularan Corona Saat Bekerja di Kantor 

Bukan cuma penampilan, jantannya pria juga dinilai dari hal ini

Penampilan memang kadang bikin kamu nampak maco. Sebetulnya ini pilihan tentang bagaimana kamu ingin tampil maskulin dengan beberapa style tertentu.

Tapi bukankah menjaga kesehatan dengan memakai masker di masa pandemic juga sama merupakan simbol kekuatan?

Paradigma maskulin sebetulnya juga sudah membatasi, bahkan merugikan kita. Tak hanya dalam kesehatan, tapi juga relationship dan bahkan pekerjaan kita di kantor.

Kita akan tetap menjadi lelaki dengan mengakui kerentanan kita sebagai manusia, yang juga sama berisikonya terkena virus mematikan.

BACA JUGA: Mengantri Jadi Budaya Baru di Masa New Normal

Pertimbangkan Resiko

Jika kita berbicara tentang risiko secara personal, maka persoalan gender seharusnya jadi tak penting lagi.

Tak hanya risiko secara personal, jika ini berkenaan dengan keluarga dan rekan kita, maka memakai masker adalah keharusan untuk semua, baik pria maupun wanita.

Maka, ini yang harusnya pria juga lakukan: mengalah dengan ego dan bertanggung jawab.

Pada akhirnya, kita harus ingat bahwa kita harus melindungi orang yang kita cintai dan peduli pada diri sendiri.

Jadi, enggak usah khawatir. Pakai masker bakal bikin kamu tetep maco, kok! (Sbg/Dinda)

Comments