Menyanyi dan bermain musik
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Hampir semua orang suka menyanyi dan pernah melakukannya. Bernyanyi merupakan kegiatan yang bebas dilakukan siapa saja, bukan hanya yang bersuara merdu.

Menyanyi bersama anggota keluarga adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan saat mengikuti anjuran stay at home.

meski sederhana, bernyanyi adalah hal penting yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi corona saat ini.

BACA JUGA: Ajakan Perangi Corona Lewat Musik

Sejarah Menyanyi dan Pandemi

Selama ribuan tahun, beryanyi dan musik telah menjadi simbol ikatan sosial kala musim pandemi.

Bahkan di era Mesir kuno, Yunani, dan Babilonia, menyanyi dan musik menjadi salah satu media alternatif penyembuhan spiritual.

Dan di abad ke-7 SM, ketika terjadi wabah di Sparta, penyair Thaletus diminta untuk menyanyikan lagu-lagu pujian. Penyair Yunani Kuno, Terpander, juga dipanggil saat wabah melanda Lesbos. (M-4)

Bernyanyi bukan hanya bermanfaat untuk mengusir kejenuhan setelah menjalani aktivitas padat. Menyanyi ternyata juga memiliki dampak positif bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kerja otak dan jantung

Sebuah penelitian dari Finlandia menemukan bahwa menyanyi bisa meningkatkan fungsi otak dan suasana hati orang dengan demensia tahap awal.

Ketika kita bernyanyi, tanpa disadari yang terjadi adalah oksigen di dalam darah dapat tersalurkan dengan baik. Ini membuat kerja otak semakin meningkat karena lancarnya oksigen yang masuk ke dalam otak.

BACA JUGA: Alogaritma Kecerdasan Buatan Bisa Temukan Musisi Bertalenta 

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menyanyi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Ini terjadi karena di saat kita bernyanyi. tubuh akan mengeluarkan kelenjar yang berfungsi sebagai antibodi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Frankfurt, Jerman dalam AS Journal of Behavioural Medicine menunjukkan manfaat menyanyi yang bisa memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat menghalau penyakit.

3. Baik untuk Paru-paru

Selain menggembirakan, ternyata menyanyi punya andil baik untuk kesehatan paru-paru. dalam jangka panjang,

Hal itu terungkap dalam penelitian soal dampak menyanyi dan pengaruhnya terhadap sistem pernapasan yang dipimpin Dr Nicholas Hopkinson terhadap lebih dari 400 orang.

Pasien secara konsisten melaporkan, bernyanyi dan bernapas mampu mengatasi kondisi paru-paru lebih baik. Penelitian ini menunjukkan, bernyanyi secara teratur dapat meningkatkan kualitas hidup terkait kesehatan,” ungkap dr Nicholas.

4. Membuat Perasaan Bahagia

Menyanyi juga dapat membuat perasaan seseorang menjadi bahagia karena saat melakukannya pikiran kita menjadi lebih santai dan rileks.

Jika sudah begini, otomatis tubuh kita akan mengeluarkan hormone endorphin yang berfungsi untuk memunculkan perasaan senang dan bahagia.

BACA JUGA: Jadikan Hobi bermusik Agar Mendatangkan Cuan

4. Meredakan Kecemasan 

Menyanyi juga bisa mempengaruhi tubuh menjadi rileks dan mengurangi kecemasan yang tengah kamu rasakan. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah.

Saat bernyanyi, ketegangan otot dilepaskan. Hal ini menurunkan kadar kortisol dan hormon stres dalam aliran darah.

5. Membuat awet muda

Sering menyanyi juga membuat seseorang awet muda. Ini karena saat kita bernyanyi, otot-otot di wajah akan tertarik dan bergerak.

Hal tersebut membuat wajah kita menjadi lebih elastis dan kencang sehingga tidak mudah keriput serta membuat kita terlihat lebih awet muda. (Sbg/Rig)

Comments