Seoran pria sedang menulis puisi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Hari ini Selasa, 28 April 2020 diperingati sebagai hari Puisi Nasional . Penentuan tanggal ini sangat erat kaitannya dengan kepergian Chairil Anwar, penyair  terkemuka Indonesia, yang sangat ahli menulis puisi.

Nah, bagi kaum pria menulis puisi terkesan ‘membosankan. Pada umumnya pria lebih suka melakukan hal-hal yang praktikal dan kegiatan-kegiatan yang mewakili sisi maskulinnya, seperti merakit motor, berolahraga, bermain game, dan lain-lain.

Padahal menciptakan puisi adalah bagian dari kegiatan maskulin dan seksi. Ini bukan manifesto atau doktrin baru

Soalnya, siapa sih, wanita yang tidak tergila-gila apabila dirayu dengan puisi?

BACA JUGA: Kata Siapa Kutu Buku Enggak Bisa Nyetak Duit?

Efek Magis Puisi

Puisi adalah bagian dari karya seni yang bisa menjadi wadah bagimu untuk mengekspresikan perasaan. Kata-kata yang puitis ternyata memiliki efek magis sepenuhnya pada tubuh, pikiran, dan jiwa.

Kosa kata yang kadang nggak dipahami manusia biasa menjadi daya tarik  yang luar biasa dari sebuah puisi. Yup, hal-hal misterius, abstrak, dan nggak bisa dipahami selalu menarik minat manusia.

Nah, di Hari Puisi Nasional ini Sabigaju mau kasih info manfaat dari kebiasaan menulis sebuah puisi untuk kesehatan tubuhmu.

BACA JUGA: Kebiasaan Membaca Buku Bikin Tidur Jadi Nyenyak

Membuatmu mengalami katarsis

Tindakan menciptakan sebuah puisi itu sesuatu bisa memberikanmu pengalaman katarsis atau bangga terhadap diri sendiri.

Dan hal ini akan membuatmu jadi bahagia serta timbul perasaan lebih baik.

Meningkatkan Kreatifitas

Kreativitas amatlah diperlukan dalam hidup ini. Jika kamu ingin meningkatkan kreativitas, menulis sebuah puisi merupakan salah satu cara terbaiknya. Puisi membuat kita pandai dalam mengolah kata seperti majas dan diksi.

Saat membuat sebuah puisi, kamu perlu memutar otak dan meningkatkan pemikiran kreatif. Secara tidak langsung, tindakan ini bisa membunuh stresmu.

BACA JUGA: Storial.co, Aplikasi untuk Kamu yang Hobi Menulis

Menyembuhkan Rasa Sakit Emosional

Kamu ternyata bisa menyembuhkan rasa sakit secara emosional dengan menciptakan beberapa buah puisi, lho. Emosi dalam jiwa akan tersalurkan dan kamu tuangkan dalam puisi.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Langkah-langkah dalam menulis sebuah puisi seperti mencari kata, menyusun kalimat, dan menyempurnakan ritme ternyata berguna untuk memperkuat fungsi kognitifmu.

Maka, itulah manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dari menulis puisi. Yuk, jadikan hal ini sebagai  gaya hidup kita. (Sbg/Rig)

Comments