Menonton Film

(Foto: strategiesinlanguagelearning.com)

Sabigaju.com – Menonton film adalah salah satu gaya hidup kekinian yang banyak digandrungi begitu banyak orang. Seseorang bisa mendapatkan inspirasi lewat adegan-adegan saat menonton film.

Namun Sebuah penelitian mengungkapkan sebuah hal yang kurang menyenangkan terkait kebiasaan ataupun hobi dari menonton film.

Yup, menonton film meski menyenangkan ternyata dapat membuat seseorang cepat tua. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Daripada Menonton Sinetron Azab, Lebih Baik Matikan TV! 

Penelitian Soal Menonton Film dan Penuaan Wajah

Dalam sebuah penelitian survey yang dilakukan kepada 2.000 orang menunjukkan bahwa ekspresi atau mimik wajah yang dibuat selama menonton lah yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Menurut Dr Harry Singh dari brand kecantikan FOREO yang memimpin penelitian, ketika kita sedang menonton film, kita tidak sadar mengernyitkan dahi atau memicingkan mata ketika menyaksikan adegan film yang mengejutkan.

Gerakan yang berulang itu pada akhirnya bisa menimbulkan garis-garis halus di wajah. Tak hanya film bergenre horor dan thriller yang banyak adegan jumpscare, genre komedi pun dapat memunculkan kerutan lebih cepat di wajah.

BACA JUGA: Nonton Film Horor Ternyata Bisa Bikin Kamu Langsing

“Tertawa dapat menyebabkan lipatan nasolabial, yaitu lipatan yang membentang dari sudut hidung ke sudut mulut,” kata Dr Singh.

Menurut studi, penonton biasanya akan membuat gestur wajah sebanyak 20 kali ketika ketakutan menyaksikan film horror.

Adapun selama film thriller yang menegangkan bisa sebanyak 50 kali. Sementara selama film komedi kebanyakan orang akan tertawa atau paling tidak tersenyum 115 kali

Nah, dari penelitian, penonton film horor Insidious ditemukan rata-rata membuat ekspresi terkejut sebanyak 20 kali.

Sedangkan saat menonton sinema komedi Bridget Jones Diary, rata-rata tertawa dan tersenyum sebanyak 115 kali.

BACA JUGA: Kecanduan Nonton Film Dewasa Bisa Hancurkan Rumah Tangga

Haruskah Kamu Menghentikan Hobi Menonton Film

Meski korelasinya terdengar berlebihan antara menonton dengan mempercepat penuaan, Dr Harry Singh yang memimpin penelitian pun ikut terkejut dengan hasil studinya.

Sebab jika ekspresi saat menonton itu berulang-ulang dilakukan, selama 5 tahun ke depan akan mempercepat seseorang  mengalami penuaan.

Dia mengatakan bahwa mengernyitkan dahi atau memicingkan mata selama lima tahun dapat memperparah garis halus sebanyak 50%. Sedangkan tertawa dapat menimbulkan kerutan di bagian ujung mata dan mulut sebanyak 40%.

Tapi, hasil penelitian ini jangan malah bikin kamu berhenti tola nonton film yah  apalagi hanya demi wajahmu awet muda dan terhindar dari penuaan.

Pokoknya selagi menonton film membuatmu bahagia, lakukan ajah , tapi jangan lupa  untuk menjaga menjaga kesehatan kulit di bagian muka yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments