Dompet Jebol
Kebiasaan memberikan hadiah mahal untuk orang yang disayanginya jika terus dilakukan semata demi gengsi bakal membuat dompet jebol ataupun bokek.(Sumber Foto: Via ramseylomax.co.uk)

Sabigaju.com – Ketika jatuh cinta, banyak pria kerap memaksa diri dengan memberikan hadiah mahal untuk kekasihnya, dengan alasan gengsi hingga dompet jebol.

Nah, kalau sudah begini biasanya mereka beranggapan demi cinta uang habis enggak perduli.

Padahal kebiasaan memberikan hadiah mahal untuk orang yang disayanginya jika terus dilakukan semata demi gengsi bakal membuat dompet jebol ataupun bokek.

Lantas bagaimana kamu bersikap kala ingin memberikan hadiah kepada orang yang dicintai tanpa membuat dompet jebol?

BACA JUGA: Stop Menghabiskan Banyak Uang Hanya untuk Bikin Orang Terkesan!

Cinta Tanpa Logika Bikin Dompet Jebol

Lewat penelitian yang dilakukan Peter McGraw, peneliti bidang pemasaran dan psikologi dari Boulder’s Leeds School of Business, University of Colorado mengungkapkan, perilaku orang berubah ketika mereka membeli sesuatu atas nama cinta karena mereka akan merasa bersalah jika melakukan penghematan

“Orang enggan berhemat saat membeli barang ketika diselimuti perasaan sentimental lantaran mereka ingin menghindari keputusan perihal seberapa besar uang yang seharusnya dibelanjakan sebagai tanda hubungan cinta,” ujarnya

Temuan ini mengungkapkan bagaimana bisnis pernikahan dan pemakaman selama ini telah mengeksploitasi konsumen.

BACA JUGA: Kebiasaan Berhemat Bakal Bikin Kamu Makin Sering Jalan-jalan

(Foto: Pexels)

Selain itu dalam salah satu jurnal yang diterbitkan di situs Society for Judgement and Decision Making, yang melibatkan 245 peserta, para peneliti meminta mereka menghadiri sebuah pameran pernikahan. Kemudian mereka diminta menimbang dua jenis cincin pernikahan.

Nyaris semua peserta memilih cincin yang lebih mahal ketimbang cincin dengan harga yang lebih murah.

“Orang melakukan kecenderungan untuk tidak berhemat, misalnya saat menikah, memakamkan, ulang tahun, dan ulang tahun pernikahan. Hilangnya tabungan bisa terus bertambah sehingga orang akan mengalami krisis finansial,” ujar McGraw.

BACA JUGA: Tinggalkan, Sederet Gaya Hidup yang Bisa Menghambat Kesuksesan

Solusi Agar Dompet Tidak Jebol

Menanggapi hasil penelitian ini, Kit Yarrow, penulis “Decoding the New Consumer Mind” menuturkan, pengaruh cinta kepada perilaku membeli paling mudah terlihat saat ada peristiwa besar seperti pernikahan.

“Biasanya konsumen membeli berbagai barang dalam waktu singkat dan emosi pun menyelimuti,” ungkap Yarrow.

Laman  TheKnot.com melaporkan, masih banyak  pasangan yang akan menikah melakukan pengeluaran keuangan lebih tinggi dari bujet yang sudah ditetapkan.

Yarrow menyarankan, ketika kamu sedangt jatuh cinta, jangan memaksa diri untuk langsung memutuskan membeli barang. Dompet bisa jebol jika terus mengikuti kata hati tanpa logika.

Intinya gaes, jangan boros menghabiskan uang untuk seseorang yang kita cintai ingat pepatah money can’t buy me love. (Sbg/Rig)

Comments