Mengambil Keputusan
(Sumber Foto: YouTube/Seeker)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri kalau setiap hari selalu saja ada saat dimana kita harus mengambil keputusan. Dan saat kita mengambil keputusan, tentu membutuhkan energi dan pemikiran yang sangat matang.

Ini artinya jika perutmu kosong, maka pikiran pun tak bisa fokus sehingga tak bisa membuat keputusan yang baik. Bisa-bisa, kita mengambil keputusan yang salah sehingga merugikan hidup kita.

Nah ada beberapa hal yang menjadi alasan agar kita jangan mengambil keputusan besar saat tengah lapar.

Rasa Lapar dan Pengambilan Keputusan yang Buruk

Menurut penelitian yang dilakukan di Departemen Psikologi University of Dundee di Skotlandia, orang-orang kurang puas ketika mereka lapar.

“Penelitian kami menunjukkan lapar bisa berdampak pada jenis keputusan yang diambil,” ungkap Peneliti Benjamin Vincent.

Para peneliti melakukan pengujian kepada sebanyak 50 orang. Tiap responden diuji sebanyak dua kali, yakni setelah makan normal dan saat perut kosong. Mereka ditawari berbagai jenis hadiah, seperti makanan, uang, dan unduhan lagu.

BACA JUGA: After Sex Dilanda Rasa Lapar? Hajar Deh Empat Kuliner Ini 

Para peneliti menemukan, ketika orang lapar, mereka menerima hadiah yang lebih kecil. Ini menunjukkan bahwa seseorang lebih cenderung mengambil keputusan buruk ketika mereka kelaparan.

Menurut vincent   kelaparan bisa mengubah persepsi seseorang terhadap imbalan, iming-iming, atau hadiah saat mengambil keputusan. Orang berharap sesuatu yang lebih saat mengambil keputusan di kala lapar.

Studi ini membuktikan bahwa kelaparan dapat menimbulkan bahaya pada setiap orang di saat membuat keputusan.

Keputusan yang mereka ambil bisa salah dan dapat memperburuk situasi secara finansial, emosional dan fisik.

BACA JUGA: Marah Antara Lapar dan Bikin Badan Kegemukan

Peran Serotonin Saat Mengambil Keputusan

Sementara itu, terkait dengan pengambilan keputusan, sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh tim peneliti di Universitas Cambridge di Inggris menemukan serotonin memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan.

Serotonin adalah hormon utama yang membantu menstabilkan suasana hati Anda dan meningkatkan perasaan sejahtera. Ini mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf dan terbuat dari asam amino esensial yang disebut triptofan.

BACA JUGA: Kenapa Warna Merah Bikin Kamu Tenang Saat Lapar Datang? 

Ketika kita lapar, tingkat triptofan menurun. Itulah membuat seseorang menjadi agresif dan impulsif.

Dengan demikian, para peneliti menyarankan, sebelum membuat keputusan besar dalam kehidupan atau peristiwa penting, untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya asam amino.

Ada baiknya kamu mengonsumsi daging merah, sup ayam, cokelat, kacang-kacangan, tuna, dan pisang adalah beberapa sumber asam amino yang baik. (Sbg/Rig)

Comments