Buang Uang membeli barang saat pandemi Corona
(Foto: Instagram

Sabigaju.com – Sejak wabah virus corona semakin mengkhawatirkan, banyak orang di seluruh dunia telah berlomba-lomba buang uang   untuk memborong berbagai barang seolah akan terjadi kiamat zombie.

Bahkan gilanya lagi mereka saling berebut barang-barang seperti tisu toilet, masker, hand sanitizer, dan sebagainya.

Sebenarnya perlukah perilaku  uang uang untuk memborong barang padahal dia tahu tidak membutuhkannya sebanyak itu?

Tak Perlu Buang Uang Saat Pandemi

Menurut seorang Pandemik Planner dan Pakar Manajemen Krisis Regina Phelps, perilaku menimbun barang atau membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah respon alami saat seseorang tidak merencanakan apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

“Jadi saat ini, orang-orang melakukan hal-hal yang sangat konyol, ” tegas Regina Phelps, . Dia mengatakan, barang-barang yang langkah itu bisa sangat mahal, dan seharusnya seseorang tidak perlu membelinya banyak-banyak bila tidak diperlukan untuk mencegah kelangkaan.

Pendiri Emergency Management & Safety Solutions yang bermarkas di San Francisco tersebut menyarankan agar setiap orang untuk tidak  perlu  buang uang saat pandemi corona terjadi terlebih untuk hal berikut:

BACA JUGA: Rasa Panik Cuma Bikin Rugi Diri Sendiri 

1. Makanan yang Tidak Biasanya Kamu Konsumsi

Orang-orang tanpa rencana daftar belanja biasanya membeli barang secara acak. Dalam fenomena adanya pandemi, mereka akan membeli barang itu agar merasa lebih aman.

“Saya tinggal di negara gempa sekarang, dan saya melihat orang (membeli untuk persiapan gempa bumi) kemudian berkata, ‘Kamu benar-benar suka sup daging sapi kalengan?’ Sebagian besar orang pasti bakal menjawab tidak,” katanya.

“Beli barang-barang yang benar-benar akan kamu makan. Bukan barang yang hanya karena ada di sana dan kemudian Anda berpikir, “Oh, mungkin jika aku membeli ini akan baik,” tambahnya.

2. Masker

Semua orang berpikir dirinya sangat membutuhkan masker. Mereka bahkan rela buang uang untuk membeli masker yang harganya kini sangat tinggi .

Tapi nyatanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar kamu tidak perlu memakai masker bila  tidak sakit atau tidak merawat seseorang yang sakit.

“Apapun, itu tidak perlu,” kata Phelps.

BACA JUGA: Tetap Bekerja Meski Covid-19 Merajalela! 

3. Suplai Alat Pembersih Lengkap

Phelps mengingatkan, kebanyakan orang menjadi gila dan mau  buang uang dengan membeli segala macam persediaan alat pembersih, mulai dari tisu dan pembersih tangan khusus untuk memerangi penyebaran virus.

Padahal yang kamu butuhkan hanyalah sabun tangan dan pemutih untuk membersihkan dan mendisinfeksi rumahmu.

BACA JUGA: Efektifkah Social Distancing dalam Upaya Pencegahan Corona?

4. Filter Udara

Beberapa orang mungkin saat ini  merekomendasikanmu untuk menggunakan pelembab udara atau filter HEPA untuk meningkatkan kualitas udara dan mengurangi risiko penularan virus corona.

Namun menurut Phelps, buang uang untuk membeli perangkat yang mahal seperti filter udara tidak diperlukan.

“Sebagian besar filter udara tidak memiliki kekhususan mikron untuk benar-benar membunuh virus sehingga filter udara tidak akan membantu,” tegasnya.

Comments