Bau Mulut
Salah satu hal terbesar yang dihadapi banyak cowok ketika berpuasa, adalah masalah bau mulut.(Sumber: triangledentistry.com)

Sabigaju.com – Ini adalah salah satu masalah terbesar ketika berpuasa, bau mulut. Tentu dong, ini karena semua orang yang berpuasa tidak makan selama kira-kira delapan jam. Apalagi ketika Ramadan. Kita harus berpuasa selama sebulan penuh.

Sebetulnya apa sih penyebab persisnya bau mulut saat berpuasa tersebut? Banyak, Sob. Bisa jadi ini karena bakteri plak yang berkembang di mulut. Bakteri ini berasal dari napas, pembusukan pada gigi atau bisa juga gusi yang bermasalah.

Kemudian, cara kamu membersihkan gigi palsu yang salah juga bisa jadi penyebabnya. Gigi palsu ini juga bisa diserang bakteri, Sob. Jika sudah demikian, napas bau dan gigi kuning pun akan segera menyerang kamu.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

What Should You Do?

Kebiasaan merokok, bahkan hisapan sisha juga bisa membuat napas dan mulut bau nih, Sob. Kemudian, kebiasaan makan sembarangan juga bisa jadi penyebabnya (seperti bawang putih dan bawang bombay).

Penyebab lainnya adalah penyebab medis seperti xerostomia (mulut kering) yang disebabkan oleh kurangnya air liur dan dampak dari mengonsumsi obat-obatan. Nah, bila kamu punya penyakit sinus, sakit tenggorokan, dan hidung, bisa jadi ini juga jadi penyebab mulut kamu bau.

Lantas apa yang harus kamu lakukan?

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa 

Bersihkan mulut

Agar tidak bau mulut  kamu harus membersihkan mulut dengan benar agar plak tak muncul. Dari mulai gigi, gusi, hingga lidah.

Bersihkan mulut minimal dua kali sehari. Setelah sahur dan sebelum tidur selama dua menit.

Kurangi Makanan Gorengan dan Kafein

Makan buah dan sayuran. Hindari makan gorengan, makanan asin, serta makanan yang lengket seperti gula.

Selain itu untuk mencegah bau mulut ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkafein seperti cokelat dan kopi. Teh serta soda jugabaiknya kamu hindari.

BACA JUGA: Inilah Daftar Jajanan Buka Puasa di Indonesia 

Bersihkan Lidah dan Jangan Lupa Berkumur

Ada baiknya kamu minum banyak air setelah berpuasa. Berkumur (tentu enggak boleh ditelan ya!) ketika berpuasa.

Bersihkan lidah dengan pembersih lidah, atau bagian belakang sikat gigi yang meman terdapat tekstur untuk membersihkan lidah.

Gunakan pasta gigi bebas alkohol.

Harus banget dihindari nih bau mulut ini. Selain emang bikin enggak pede, ini juga ada kaitannya sama kesehatan kamu. Jadi, dilakukan betul-betul tips penanganannya ya! (Sbg/Dinda)

Comments