Ilustrasi Covidiot
(Foto: Pinterest)

Sabigaju.com -Ditengah pandemi Virus COVID-19 saat ini banyak orang menggunakan istilah Covidiot terhadap mereka yang egois or ngeyel seperti penimbun barang ataupun mereka yang tak punya empati.

Sejauh ini terdapat dua definisi yang paling banyak dirujuk untuk menggunakan kata ini, yaitu untuk menyebut ‘seseorang yang mengabaikan peringatan tentang keselamatan publik’ dan ‘seseorang yang menimbun barang dan merampas hak orang lain untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Covidiot juga bisa ditujukan untuk orang-orang tak tahu diri yang nekat bepergian, hingga mereka yang tak mau mengindahkan anjuran pemerintah untuk menjaga jarak aman kala kondisi tak menentu seperti hari ini.

Covidiots terinspirasi dari penyakit Covid-19 yang memunculkan tabiat buruk sebagian kecil orang yang panik menghadapi wabah ini.

Ada sederet perilaku miris yang baiknya dihindari agar kamu tidak mendapat sebutan Covidiot.

BACA JUGA: Belanja Bulanan dan Kebutuhan Saat Pandemi COVID-19

1. Panic Buying

Di minggu pertama virus corona masuk ke Indonesia banyak orang yang melakukan panic buying dan mulai memborong masker ataupun bahan makanan dan nggak peduli orang lain kebagian atau tidak untuk memenuhi kebutuhannya. Padahal  Panic buying juga menjadi alasan harga-harga barang pada naik,

So, Jangan ulangi yah! Karena hal itu adalah perilaku Covidiot.

2. Borong Hand Sanitizer

Perilaku  super khawatir sama kebersihan tangan bukan alasan untuk  memborong hand sanitizer sebanyak mungkin untuk disimpan rumah. Ini bentuk lain Covidiot.

Kalo kamu ikutan #dirumahaja ya nggak perlu juga sering sering pakai hand sanitizer, toh bisa menjangkau wastafel buat cuci tangan pakai sabun.

BACA JUGA: Physical Distancing: Pentingnya Menjaga Jarak Fisik Bukan Hati

3. Masih Nongkrong

Kini berlaku physical Distancing, artinya kita perlu membatasi urusan fisik  saat  pandemi COVID-19.

Kalau kamu masih juga keluyuran  buat nongkrong bareng temen-temen membukakan pintu untuk mendatangkan atau dikunjungi teman dan saudara. Itu artinya kamu pantas buat disebut CovIdiot.

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup 

4. Jorok

Masa pandemi COVID-19 adalah masa buat kita untuk bersih-bersih.

Nah kalau kamu masih jorok, jarang mandi, bangun siang,males minum vitamin, kurang minum air, wah itu sih sama saja mengundang penyakit lainnya. Dan pasti kamu layak disebut Covidiot

Mulai dari sekarang harus menjaga kebersihan diri. Misalnya kamu terpaksa masih harus beraktivitas di luar rumah, pastikan kamu rajin mencuci tangan dengan sabun, dan tidak menyentuh bagian wajah ketika tangan dalam keadaan kotor.

Comments