Frekuensi Hubungan Seksual
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Jika ada pertanyaan apakah ada hubungan antara frekuensi hubungan seks dengan kebahagiaan? Mungkin jawabannya akan berbeda pada setiap orang. Bisa ya, bisa juga tidak.

Namun yang jelas, frekuensi hubungan seks setiap orang sangat tergantung pada banyak hal, mulai dari usia, nilai-nilai, gaya hidup, kesehatan, dan yang terpenting kualitas hubungan dengan pasangan.

Ini tandanya Meski bercinta kerap dinyatakan memberi kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Namun, jika hal tersebut dilakukan terlalu sering hal itu malah bisa membuat seseorang merasakan kurang bahagia.

BACA JUGA: Jadilah Cowok yang Dominan di Ranjang Saat Bercinta dengan Pasangan

Frekuensi Hubungan Seks  dan Kebahagiaan

Sebuah penelitian yang dipimpin, George Loewenstein, profesor ekonomi dan psikologi dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, menyimpulkan bahwa frekuensi hubungan seksual yang dilakukan terlalu sering  ternyata membuat seseorang tidak bahagia.

Penelitian ini dilakukan dengan membagi para responden dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta menggandakan frekuensi hubungan seks yang mereka miliki setiap minggunya.

Sementara kelompok kedua tetapi melakukannya dengan frekuensi normal mereka. Di akhir penelitian selama 3 bulan, pasangan dari kelompok yang bercinta lebih sering ternyata merasa kurang bahagia dibanding saat di awal mulainya studi.

“Hasil penelitian ini mengejutkan dan mengecewakan. Tadinya kami berharap orang yang berhubungan seks lebih sering akan menikmatinya dan lebih bahagia, sehingga bermanfaat positif bagi hubungan,” kata  Loewenstein.

BACA JUGA: Mudah Bergairah, Apakah Hal yang Wajar

Walau begitu, bukan berarti bercinta lebih sering akan mengurangi kebahagiaan. Hal itu bisa terjadi kemungkinan besar karena pasangan yang menjadi responden diperintahkan untuk bercinta.

“Apa pun yang kita lakukan karena memang menginginkan atau karena diperintah bisa berdampak sangat besar pada seberapa besar kita menikmatinya,” kata Loewenstein.

Namun demikian, hubungan seksual adalah hal yang penting dalam pernikahan. “Banyak orang menganggap seks adalah aktivitas paling menyenangkan. Ini baik untuk kesehatan dan juga bisa membakar kalori,” tutup Loewenstein.

BACA JUGA: Alasan yang Bikin Pria Menolak Berhubungan Intim

Seminggu Sekali atau Seminggu 5 Kali

Penelitian lain juga pernah dilakukan Amy Muise,berdasarkan analisis data survei lebih dari 30 ribu orang Amerika selama 40 tahun.

Dia mengatakan bahwa seminggu sekali adalah angka yang ideal untuk melakukan seks bersama pasangan.

Amy Muise dan timnya menemukan bahwa pasangan yang melakukan seks lebih dari sekali seminggu cenderung lebih bahagia dan sehat. Tapi terlalu sering bercinta justru tak membuat bahagia.

Namun tentu saja, kebutuhan dan frekuensi hubungan seks setiap orang bisa berbeda-beda. (Sbg/Rig)

Comments