Sabigaju.com – Bagi sebagian orang, menjadi pekerja kantoran di sebuah perusahaan besar di Jakarta merupakan salah satu impian. Sebagian lagi mungkin bermimpi akan hidup sebagai seorang pengusaha. Namun, apa jadinya jika kedua profesi tersebut dijalani secara bersamaan oleh seseorang, Sobat Sabi? Nah, salah satu yang mampu menjalaninya adalah Febrianto Bondan.

Bondan merupakan seorang pegawai bagian Finance Department di sebuah perusahaan yang bergerak di industri oil and gas. Namun, tugasnya sebagai seorang pekerja kantoran tak memupuskan impiannya sebagai pengusaha. Dia memiliki usaha barber dan coffee shop bernama Melipir KopiBar di daerah Bekasi. Serta Rocketeers, yang bergerak di bidang clothing line.

Mau tahu bagaimana Bondan mampu menjalani kedua profesinya tersebut dengan baik? Kita simak pengalamannya bersama-sama yuk, Sobat Sabi!

Awal Terpikir Membangun Usaha

“Aku ngantor di perusahaan oil and gas di daerah Senayan. Bokap sejak ditinggal nyokap meninggal, beliau tinggal sendiri di Bekasi. Nah, karena biar makin punya alesan kuat ke Bekasi, makanya bangun usaha di sana biar mau gak mau tetep ke Bekasi secara regular dan ketemu bokap,” ungkapnya.

“Jadi, aku seminggu sekali ke Bekasi kontrol Melipir KopiBar dan tiap malam sebelum tutup nanti karyawan laporan pemasukan. Kalo clothing line (Rocketeers) lebih sebagai investor dan review laporannya per bulan,” tambah ayah tiga anak tersebut.

Tren Bisnis Jadi Acuan Untuk Memulai Usaha

“2 tahunan lalu bisnis barber dan coffeeshop lagi menjamur dan dibutuhkan lifestyle-nya sama orang-orang. Jadilah Melipir KopiBar dibuat untuk warga Bekasi buat potong rambut and ngupi-ngupi santai,” imbuh pria berusia 41 tahun.

“Kalo untuk Rocketeers, yang membangun dari awal adalah temen-temen motoran. Aku masuk ketika bisnis ini mulai dirasa punya potensi berkembang karena kualitas serta desainnya yang hacep terutama buat bikers.”

Berkahnya Bukan Cuma Duit

Sebuah usaha yang baik memang akan menghasilkan pemasukan yang lebih banyak. Namun, Bondan menuturkan bukan hanya uang yang membuatnya lebih giat menjalani usaha, malahan membuka lapangan kerja bagi orang lain jadi faktor yang paling membahagiakan buat dirinya.

It makes me happier ketika menciptakan perkerjaan buat orang lain. Jadi dapet semuanya (pemasukan dan membuka lapangan kerja).”

Disiplin Adalah Kunci Dirinya Selama Membangun Usaha Sembari Bekerja

Saat ditanya mengenai tantangan terberatnya dalam menjalani profesinya ini, Bondan menjawab, “So far ga ada kesulitan. Mungkin time management (adalah kuncinya). Dimana kita harus respect and menaati jam kerja kantor dan memonitor usaha diluar jam dan hari kerja.”

“Tapi, dibantu juga oleh orang yang bisa dipercaya.” tutup pria yang hobi riding motor custom ini.

Gimana menurut kamu, Sobat Sabi? Penasaran sama sosok Bondan? Makanya, nantikan kehadiran Bondan sebagai Om infal malam ini di #TipsOm2! (sbg/Nico)

Comments