Sabigaju.com – Taman Nasional Komodo memang menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan Indonesia, setelah dicatat oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia, tempat ini menjadi primadona para turis asing maupun domestik untuk berlibur.

Bukan hanya si Naga Purba Komodo yang jadi pusat perhatian wisatawan, Taman Nasional Komodo juga memiliki sejuta keindahan alam yang memesona.

Pulau-pulau yang menjadi bagian wilayah konservasi Taman Nasional Komodo adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

BACA JUGA: Yuk, Main Sama Singa Plus Nikmatin Vitamin Sea di Mauritius

Kehebohan Foto  Komodo Hadang Truk

Baru-baru ini Taman Nasional Komodo sedang menjadi buah bibir di media sosial nih sob, karena beredar foto seekor komodo tengah menghadang truk.

Truk tersebut berada dalam sebuah proyek yang sedang dibangun oleh pemerintah pusat melalui KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk menjadikan Pulau Rinca sebagai Jurassic Park.

Heboh Komodo Hadang Truk di pulau Rinca
(Foto: Instagram.com/hgregoriusafioma)

Meski banyak pro dan kontra soal proyek bernilai ratusan miliar ini sob, jika Proyek ini rampung dengan baik kebayang gak sih ada Jurrasic Park di Indonesia dengan si Naga Purba sebagai bintangnya?

Kalau kamu penasaran soal rencana pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca, berikut ini 5 skema proyeknya sob.

BACA JUGA: Tanzania, Permata Afrika yang Menakjubkan Dunia

1. Dermaga

(Sumber: Kemen PUPR)

Jika kamu pernah berlibur ke Pulau Rinca di Taman Nasional pastinya kamu tahu soal Dermaga Loh Buaya, nantinya tempat ini akan menjadi Dermaga mewah untuk menyambut kedatangan turis.

Dermaga ini akan dipugar menjadi dermaga baru berbentuk “Y” yang terinspirasi dari bentuk lidah Komodo.

2. Elevated Deck

Akan ada elevated deck yang menghubungkan wisatawan dengan berbagai akses fasilitas yang ada di Jurassic Park ini.

 

Elevated deck ini akan berfungsi sebagai penghubung dari dermaga menuju pusat informasi, penginapan, dan berbagai area yang ada di Jurassic Park.

Elevated deck akan dibangun dengan ketinggian dua meter, agar nantinya wisatawan tidak mengganggu satwa yang melintas dan keamanan para wisatawan pun terjaga.

3. Pusat Informasi

Akan juga dibagun pusat informasi yang terhubung dengan elevated deck yang ada di Jurassic Park Taman Nasional Komodo ini.

Jurrasic Park Komodo di Pulau Rinca
(Sumber: Kemen PUPR)

Ini mirip kaya tempat penelitian yang ada di dalam hutan di film Jurassic Park gitu gak sih menurut kamu?

BACA JUGA: Sederet Pantai Ajib di Spanyol yang Wajib Kamu Kunjungi 

4. Penginapan

Fasilitas selanjutnya adalah penginapan. Nantinya penginapan akan dibangun untuk para wisatawan dan juga para ranger, pemandu wisata juga peneliti.

Penginapan di Jurrasic Park Komoodo
(Sumber: Kemen PUPR)

Selain itu akan terdapat juga pos penelitian dan pemantauan habitat Naga Purba di area ini.

Itu dia tadi sob beberapa skema pembangunan proyek Jurassic Park di Taman Nasional Komodo, meski banyak yang protes karena dianggap bisa mengancam keberlangsungan hidup para Naga Purba, Proyek ini sudah mengantongi izin dari pemerintah daerah dan pusat nih gaes.

Komodo
(Foto: Instagram.com/nandaviandra)

Oh ya gaes, sekedar informasi nih Pulau Rinca yang akan dijadikan Jurassic Park adalah salah satu habitat hidup hewan ini, tapi sebagian kecil saja.

Sebagian besar Naga Purba ini  hidup di pulau komodo yang juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional.

Semoga pengembang, pemerintah pusat dan daerah bisa “mengungsikan” komodo di pulau Rinca ini terlebih dahulu ya gaes biar gak ada Komodo yang terluka karena adanya alat berat dalam proyek pembangunannya. (Sbg/Rig)

Comments