Sabigaju.com – Sebagai moda tranportasi paling populer di dunia, mobil ternyata memiliki fakta-fakta unik yang tidak terungkap. Kalau kamu berkendara dengan mobil dalam frekuensi yang cukup tinggi, fakta berikut ini mungkin akan terdengar mencengangkan bagi kamu.

1. Di seluruh dunia, setidaknya sebanyak 165,000 unit mobil diproduksi. Separuh dari jumlah ini dibuat dan didistribusikan di Asia.

2. Aroma mobil baru tercipta dari 50 senyawa organik yang mudah memuai. Maka dari itu butuh beberapa minggu untuk menghilangkan aroma mobil baru, bahkan dengan bantuan pewangi ruangan.

BACA JUGA: Mudik Pakai Mobil Dinas? Yay or Nay?

3. Diktator terkenal di dunia, Hitler, pernah menulis surat permohonan pinjaman mobil untuk Mercedez saat ia dipenjara. Negosiator ulung ini memang tidak kenal waktu dan tempat saat sedang punya ide.

4. Di Brasilia, 92% dari mobil baru menggunakan bahan bakar ethanol yang berasal dari gula tebu. Kepadatan penduduk di kota besar Brasilia mengakibatkan mereka harus berinovasi mengurangi emisi berbahaya bagi lingkungan.

5. Kecelakaan mobil pertama kali di dunia terjadi di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1891. Walau demikian, di Irlandia pernah terjadi tabrakan tunggal mobil pertama kali pada tahun 1869.

6. Kemungkinan kematian akibat kecelakaan mobil adalah 1 banding 5000. Namun tentunya angka ini jauh di bawah kemungkinan cedera atau luka-luka akibat kecelakaan mobil.

7. Di Rusia, berkendara menggunakan mobil kotor adalah pelanggaran kriminal. Orang-orang yang belum mencuci mobilnya memilih menggunakan transportasi publik daripada kena tilang.

8. Para pemilik mobil di Turkmenistan berhak mendapatkan bahan bakar gratis sebanyak 120 liter per bulannya. Hal ini dikarenakan mereka adalah negara penghasil migas terbesar kedua di dunia.

9. Jumlah mobil di Los Angeles melebihi jumlah manusia yang tinggal di kota itu. Kemacetan bukanlah hal yang asing di kota di Amerika Serikat ini.

10. Mobil tercepat di dunia yang resmi beroperasi di jalan raya adalah Bugatti Veyron Super Sport. Kemampuan lajunya mencapai 431 km per jam yang mana hanya beda tipis dengan kecepatan laju pesawat terbang saat baru lepas landas.

BACA JUGA: Cara Menentukan Mobil Pertama yang Kamu Impikan

11. Membunyikan klakson selain karena darurat di kota New York, Amerika Serikat adalah illegal. Karena alasan polusi udara, klakson dianggap mengganggu dan melanggar norma sosial di kota sibuk ini.

12. Di awal abad 20, kotoran dari kuda penarik kereta dianggap lebih merupakan polusi lingkungan daripada mobil. Sebab itulah mobil sempat dianggap solusi ramah lingkungan pada masanya.

13. Pernah merasa kehilangan kesadaran saat melewati perjalanan dari kantor ke rumah saat mengemudi? Hal ini dinamakan ‘Highway Hypnosis’ dan ternyata normal karena otak kita refleks menghindari memori yang berulang terasa oleh saraf lainnya.

14. Kecelakaan di jalan raya membunuh manusia lebih banyak dan sering dibanding malaria. Hal ini diakibatkan banyak faktor yang membuat pengemudi tidak berhati-hati dalam berkendara.

15. Pajak sebesar 150% dari harga mobil baru diberlakukan di Denmark. Ini strategi pemerintah yang efektif untuk mengurangi kepemilikan dan peredaran mobil pribadi di negara mereka.

Mulai sekarang, bijaklah dalam membeli, memiliki, merawat, dan mengendarai mobil. Ternyata banyak hal yang terjadi di luar sana tanpa kita sadari berawal dari pilihan kita untuk mengendarai mobil ya. (sbg/Novel)

Comments