Hari Penguin Sedunia jatuh pada 25 April. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tanggal 25 April kemarin rupanya diperingati sebagai Hari Penguin Sedunia. Menurut National Geographic, dalam setahun terdapat dua hari yang didedikasikan untuk penguin. Hari-hari tersebut adalah 25 April dan 20 Januari. Penguin dikenal karena bentuk tubuhnya yang unik.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik lainnya tentang penguin yang super menggemaskan ini.

Memiliki Cara Meluncur yang Unik

Penguin terkadang berjalan dengan kakinya yang pendek. Namun, untuk menghemat energi, biasanya penguin akan meluncur dengan perutnya di atas salju.

BACA JUGA: Pertimbangkan Lima Hal ini Sebelum Memelihara Hewan

Mengandalkan Pendengaran

Penguin memiliki pendengaran yang sangat baik. Ketika berada di darat, penguin akan amat mengandalkan pendengarannya. Sedangkan penglihatannya dapat beradaptasi dengan baik untuk melihat di kedalaman laut saat mencari makanan atau ketika menghindari predator.

Sayap untuk Menjaga Keseimbangan

Ketika berada di darat, penguin akan menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan. Namun, ketika sedang berada di air, penguin akan menggunakan sayapnya untuk berenang. Penguin juga mampu berenang dengan kecepatan 6-12 kilometer per jam. Bahkan, penguin pernah tercatat mampu berenang hingga 27 kilometer per jam.

Jenis Kelamin yang Harus Diperiksa dengan Teknik Tertentu

Penguin tidak memiliki jenis kelamin eksternal, sehingga sangat sulit untuk mengetahui jenis kelamin pengun dengan mata biasa. Untuk membedakan jenis kelamin penguin, perlu dilakukan teknik pemeriksaan kromosom atau DNA.

Dapat Meminum Air Laut

Meskipun masih berasal dari keluarga burung, namun hewan akuatik ini dapat meminum air laut. Hal ini terjadi karena kelenjar supraorbital dalam tubuhnya akan menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk cairan melalui saluran pernapasan.

Memiliki Bulu yang Kedap Air

Penguin memiliki kaki yang berjaring. Sedangkan bulu di seluruh tubuhnya cukup tebal dan kedap air.

BACA JUGA: 23 April, Hari Buku Sedunia dan Fakta Dibaliknya

Tidak Takut terhadap Manusia

Penguin merupakan hewan yang tidak takut terhadap manusia. Meskipun ada manusia di dekatnya, tetapi penguin tidak memperlihatkan rasa takut. Penguin justru akan mendekati sekelompok peneliti yang akan mempelajari mereka.

Mampu Bertahan

Penguin yang berukuran besar akan lebih mampu dalam mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap hangat. Dengan demikian, penguin akan dapat bertahan hidup di daerah dingin. (Sbg/Van)

Comments