Perayaan Halloween
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Kemeriahan perayaan Halloween begitu terasa di dunia maya terlebih saat mesin pencarian terbesar di Planet Bumi, Google mengangkat tema itu sebagai Google Doodle pada hari ini, Kamis (31/10) lewat animasi spesial dengan sejumlah makhluk yang identik dengan Halloween.

Tak hanya itu, Google Doodle ini juga dilatarbelakangi dengan musik karya Silas Hite yang cukup spooky alias bikin merinding.

Meski sudah berlangsung selama berabad-abad orang-orang yang merayakan Halloween masih percaya dengan gaib ataupun mengkaitkannya dengan ragam kisah horor.

Nah kali ini pembaca Kartu Tarot kenamaan Haruha Shirogane akan megisahkan fakta mengejutkan di balik perayaan Halloween. Simak yah gaes.

BACA JUGA: Menyeramkan! Bakal Ada Serbuan Setan 

Sejarah Perayaan  Halloween

Ketika kalian mendengar kata Oktober, mungkin Halloween adalah hal pertama yang akan muncul di otak kalian.

Pesta, makanan, dan alkohol biasanya akan memeriahkan malam yang hanya terjadi satu tahun sekali ini dengan suasana yang bertema horror. Namun ketika ditelaah kembali, sebenarnya tidak selalu seram lho!

Halloween atau bisa juga dikenal dengan Samhain(baca : sow-in) berasal dari jaman Celtic kuno yang jatuh pada tanggal 31 Oktober.

Kata itu sendiri secara harfiah berarti “malam suci,” dan sebelumnya dirayakan di Eropa sebagai “All Hallows Eve”. All Hallows ‘Eve (31 Oktober) dan All Saints’ Day (1 November) keduanya bertujuan untuk memberi penghormatan kepada para orang suci (“hallows” = orang suci dan “een” = eve/evening before).

Nama itu akhirnya disingkat oleh seorang penyair dari Skotlandia menjadi Halloween, yang kita kenal hingga hari ini.

Setelah kalian membaca penjelasan singkat mengenai arti sesungguhnya Halloween, banyak dari kalian yang mungkin bertanya-tanya kenapa Halloween bertema horror.

BACA JUGA: Foto Pocong Antara Mistis, Phasmophobia Hingga Pareidolia

Mengapa Perayaan Halloween selalu Identik dengan Kisah Horor

Hal itu karena disebutkan dalam mitologi Celtic, selimut yang menghubungkan antara dunia kita dan dunia para roh/jiwa orang mati menipis sehingga memudahkan mereka untuk kembali.

Agar manusia tidak diganggu, maka mereka harus berdandan sebagai hantu atau monster lainnya dan mempersembahkan makanan untuk mendapatkan sisi baik dari roh-roh ini dan leluhur yang telah pergi.

Selain untuk menghormati, Halloween dipenuhi oleh banyak games seru lho! Dan biasanya dijadikan sebagai ajang mencari jodoh melalui games-games yang diadakan.

Meskipun Labu sangat popular, namun buah Apel memegang peranan penting juga lho. Konon pada jaman itu, para wanita akan menulis nama mereka di Apel yang akan dilemparkan ke sebuah tong berisi air.

BACA JUGA: Salshabilla Adriani dan Teror Hantu Menyeramkan

Selanjutnya, para pria nanti akan mencelupkan kepalanya kedalam tong air dan mencoba menggigit buah yang mengambang dalam upaya untuk mencari tahu pasangan masa depan mereka.

Konsep pemikirannya adalah, mereka akan ditakdirkan untuk siapa pun yang mengeluarkan apel bernama tersebut dari air.

Demikian dari sejarah singkat dari perayaan Halloween, semoga kamu mendapat ide baru mengenai kegiatan yang akan kamu adakan di pesta nanti! Have a spooky Halloween! (Sbg/Rig)

Comments