fakta menarik

Sabigaju.com – The Daily Telegraph melaporkan bahwa pekerja berusia paruh baya lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk dibandingkan pensiunan berusia 75 ke atas. Fakta yang menarik mengingat kebiasaan duduk terlalu lama memiliki pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan. Bahkan sudah ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa duduk terlalu lama bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular.

Fakta Menarik dari Berbagai Penelitian Tentang Kebiasaan Duduk

Sebuah survey tentang waktu seseorang melakukan aktivitas – termasuk bekerja – duduk yang dilakukan di Skotlandia dengan sampel sebanyak 14.000 orang menunjukkan bahwa pekerja duduk lebih lama dibanding mereka yang berusia di atas 75 tahun ke atas. Fakta yang cukup mengejutkan.

Kemudian pada akhir pekan, data menunjukkan bahwa beberapa pekerja kantor berusaha untuk melakukan lebih banyak aktivitas sebagai wujud kompensasi karena mereka terlalu banyak duduk pada hari kerja. Data menarik lain yang dihasilkan dari penelitian ini adalah wanita ditemukan paling aktif daripada pensiunan apalagi laki-laki yang bekerja.

Sementara itu, ahli kesehatan kembali mengingatkan tentang gaya hidup sehat yang salah satunya adalah anjuran agar tidak duduk terlalu lama. Alasan mendasar mengapa kita harus duduk lebih sedikit adalah adanya ancaman serius dari penyakit kardiovaskular.

Ahli kesehatan pun mengatakan bahwa sebenarnya beraktivitas di kantor pada jam kerja lebih mudah dari yang biasa kita pikirkan. Mungkin Anda pernah berpikir dan kebingungan tentang aktivitas fisik apa yang bisa dilakukan sembari bekerja. Jawabannya, Anda bisa memanfaatkan jarak untuk ke kantor dengan berjalan kaki atau bersepeda. Walau hanya beberapa menit saja, tetapi cara ini cukup baik untuk membuat tubuh lebih aktif.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tangga untuk jalan naik dan turun. Aktivitas ini membantu jantung Anda bekerja lebih aktif dan baik lagi! Kemudian, coba manfaatkan istirahan makan siang untuk berolahraga ringan seperti mengangkat buku-buku atau kalau bisa sediakan barbel pada cubicle-mu!

Hasil penelitian yang dibuat oleh peneliti dari the Physical Activity for Health Research Centre di Edinburgh ini memang menyajikan data yang menarik. Penelitian serupa sesungguhnya juga perlu dilakukan di Indonesia. Pasalnya, di Indonesia sendiri kematian akibat penyakit kardiovaskular juga cukup tinggi. Akan tetapi, fakta yang dipaparkan dalam penelitian di Skotlandia tersebut pastinya kurang akurat bila diterapkan di Indonesia.

Namun, ada pesan menarik dari fakta menarik hasil penelitian terkait durasi duduk tersebut. Salah satunya mengingatkan kita bahwa ada banyak aktivitas yang sesungguhnya bisa dilakukan di kantor untuk mengurangi durasi duduk terlalu lama. Poin ini tentu saja bisa Anda terapkan untuk hidup sehat pada hari kerja. Selamat mencoba! (Sbg/Er)

Comments