Kentut

Sabigaju.com – Sedari kecil kita hanya mengetahui kalau kentut sebagai salah satu aktivitas pembuangan alami tubuh yang mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Padahal kalau ditelaah lagi, terdapat banyak fakta menarik dan tak disangka-sangka dari kentut manusia.

Dan berikut adalah beberapa fakta menarik kentut manusia  yang mungkin belum kamu ketahui tersebut.

1. Kata Fart Sudah Digunakan Sejak Tahun 1632

Bahasa Inggris dari kentut manusia adalah “fart”. Dan kata ini ternyata sudah eksis sejak tahun 1632. Kata ini berasal dari bahasa Inggris kuno,”feortan”.

Kata tersebut memiliki makna “memecah angin”. Walau kini banyak pilihan kata lainnya, tetap saja “fart” yang masih sering digunakan.

BACA JUGA: Lima Hal Terlarang Saat Bercinta dengan Pasangan

2. 14 Kali Sehari

Berdasarkan penelitian, frekuensi  kentut yang normal adalah sebanyak 14 kali dalam satu hari. Uniknya sebagian besar dari jumlah tersebut, terjadi ketika masih tidur malam hari.

3. Penyebab Bau Menyengatnya

Mungkin kita sering penasaran dengan bau tidak sedap yang dihasilkan dari aktivitas ini. Ternyata bau menyengat ini berasal kumpulan hidrogen sulfida di dalam tubuh.

4. Pergerakannya Sangat Cepat

Sering penasaran mengapa bau gas sangat cepat menyebar? Ternyata hal ini dikarenakan kecepatan gas yang keluar sangat cepat. Spesifiknya, 7 mil per jam.

BACA JUGA: Empat Cara Menjaga Kelembapan Kulit Pria di Musim Hujan 

5. Bisa Menciptakan Senjata Termo Nuklir

Kalau dipikir memang sangat gila. Tapi memang ini kenyataannya. Apabila sebanyak 68 miliyar gas tubuh disimpan dan dikumpulkan, maka jumlah ini bisa menjadi senjata termo nuklir yang sangat berbahaya.

Dengan kata lain, apabila kita buang gas setiap harinya selama 7 tahun, maka gas yang kita buang bisa membuat satu buah bom atom.

6. Ucapan Sapaan Suku Yanomami

Bagi sebagian besar, kentut dianggap sesuatu yang jorok atau tidak sopan. Tapi bagi suku Amerika Selatan, Yanomami, bunyi gas dianggap sebagai bentuk sapaan.

Semakin besar bunyi gas yang dikeluarkan, menunjukkan betapa senangnya si individu bertemu dengan individu lainnya tersebut.

JUGA: Bukan Masuk Angin, Nih Tanda Kondisi Tubuh Tidak Sehat

7. Mayat Juga Buang Gas

Ternyata bukan ketika hidup saja kita buang gas. Ketika sudah meninggal dan menjadi mayat pun, kita masih bisa kentut lho!.

Karena walau telah meninggal, tubuh manusia bisa mengkontraksikan ototnya. Sehingga, sebelum mayatnya benar-benar binasa, maka gas dari dalam tubuh masih bisa dikeluarkan. (Sbg/Mrv)

Comments