Laga El Clasico
Laga El Clasico Antara Real Madrid menghadapi Barcelona di Ajang Copa Del Rey akan berlangsung pada Kamis (28/2) di hari WIB di Stadio Santiago Bernabeu. (Foto: jeffwallpapers.com)

Sabigaju.com – Dua klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona akan saling berhadapan pada leg kedua semifinal Copa del Rey, di Santiago Bernabeu, Kamis (28/2) dini hari WIB. Laga El Clasico ini diyakini berjalan sengit, karena memperebutkan tiket ke final.

Sebelumnya pada pertemuan pertama yang berlangsung di Camp Nou,pada 7 Februari 2019 lalu kedua tim bermain ketat dengan hasil imbang 1-1.

Pertarungan dua klub terbesar di Liga Spanyol tersebut memang selalu menyita perhatian publik. Laga El Clasico sering dihiasi pertarungan keras, tak terkecuali dalam laga ini.

Sejumlah fakta dan data menarik pun menghiasi persaingan kedua tim sepanjang lebih dari seabad terakhir. Berikut fakta dan data tersebut.

BACA JUGA:

 

1. Rivalitas Seabad Lebih

Rivalitas antara Real Madrid dengan Barcelona sudah berlangsung sejak 1902. Laga ini akan menjadi laga El Clasico edisi ke-240 di semua ajang. Madrid unggul dengan catatan 95 kemenangan, berbanding 93 kemenangan milik Barcelona.

2. 17 Tahun Tanpa Skor Kacamata

Laga El Clasico selalu membuahkan gol dalam 15 tahun terakhir. El Clasico selalu membuahkan gol dalam 15 tahun terakhir.

Sebagai salah satu laga  sepakbola terpanas di dunia, El Clasico terbilang hampir tidak pernah mengecewakan penonton, setidaknya dalam 15 tahun terakhir.

Pasalnya, kali terakhir Real Madrid vs Barcelona bermain imbang tanpa gol terjadi pada pertandingan La Liga di Camp Nou, 23 November 2002.

3. Pencetak Gol Pertama

Adapun pencetak gol pertama di laga El Clasico adalah pemain Real Madrid dan bukan pemain asal Spanyol, melainkan Arthur Johnson yang merupakan penyerang asal Inggris.

Hal itu terjadi pada Piala Coronation pada 1902. Johnson awalnya berkarier sebagai kiper dan sempat menjadi pelatih Madrid pada 1910 hingga 1920.

4. Persaingan Alumni Akademi Sepakbola

Atensi publik dunia terhadap El Clasico pekan ini memunculkan beragam fakta. Satu di antaranya adalah persaingan dua tim tradisional Spanyol tersebut dalam urusan akademi.

Dalam rilis resmi La Liga mengungkapkan, Real Madrid dan Barcelona mendominasi angka terbanyak lulusan akademi yang bermain di lima liga terbesar di Eropa. Tak pelak, El Clásico mewakili dua sekolah junior terbaik di persepakbolaan Benua Biru.

Barcelona memiliki La Masia, sedangkan Real Madrid punya La Fábrica. Dua sekolah tersebut terkenal memiliki reputasi tak pernah berhenti menghasilkan pemain-pemain berbakat.

5. Rekor El Clasico di Ajang Copa Del Rey

Baik Barcelona maupun Madrid sama-sama mengoleksi 10 kemenangan dalam El Clasico di Copa del Rey, sebagaimana dilansir Marca.

Barcelona adalah pemegang rekor juara di Ajang Copa del Rey dengan catatan 30 titel juara. Sementara itu Real Madrid baru mengoleksi 19 gelar juara.

Fakta menarik lainnya adalah dari 34 El Clasico yang terjadi di Copa del Rey sejauh ini, tak satupun berakhir dengan skor 0-0. Sementara dalam hal produktivitas gol, Barcelona saat ini sudah mencetak 65 gol berbanding 64 gol milik Madrid.

Lantas siapa yang bakal melaju ke babak Final Copa Del Rey dini hari nanti, Real Madrid kah atau Barcelona? (Sbg/Rig)

Comments