Sabigaju.com – Dewasa ini, hoax atau berita palsu sudah sangat menjamur di kalangan warganet.  Parahnya, banyak warganet yang masih belum bisa membedakan mana berita hoax atau bukan. Saking banyak dan merugikannya, pemerintah Indonesia akhirnya membuat undang-undang ITE agar para penyebar hoax bisa dengan cepat disingkirkan.

Namun di tengah banyaknya isu hoax berhembus, ada anak muda kreatif yang bisa membuat “hoax” kocak di akun Instagramnya. Seperti apa sih hoax kocak yang dibuat pria bernama Faiz Sadad ini? Yuk, disimak ulasannya

Faiz Sadad dan Postingan Kreatifnya

Faiz Sadad adalah seorang pemuda asal Depok, Jawa Barat, yang mampu menggegerkan jagat dunia maya lewat fotonya hangout dengan berbagai artis kenamaan Hollywood. Pemuda yang lahir pada tahun 1996 ini mengaku terinspirasi dari akun @aganharahap, @averagerob dan @kirbyjenner untuk melakukan teknik photo manipulation.

Awalnya, Faiz mengaku mempelajari photoshop untuk keperluan bisnis Bokumi seperti membuat konten Instagram, poster dan lain sebagainya. Tapi, ketika iseng membuat photo manipulation dengan artis, ternyata teman-temannya tertawa melihat hasil karya ‘hoax’ Faiz. Semakin lama, Faiz semakin terdorong untuk menemukan referensi orang yang melakukan teknik photo manipulation seperti dirinya. Dengan Photoshop yang sangat rapi, Faiz Sadad mampu menggegerkan dunia maya melalui akun Instagram @faizsadad miliknya.

Faiz mencoba untuk meng-upload postingan foto ‘hoax’ dengan tujuan hiburan semata dengan harapan mampu membuat siapa saja tertawa melihatnya. Beberapa contoh postingan foto Faiz adalah dirinya sedang berkumpul dengan One Direction, pajamas party dengan Ariana Grande hingga wefie dengan Jennifer Lawrence.

Coba ditengok foto hoax hasil karya Faiz, si Penyebar Hoax Kocak ini.

Ngaku-ngaku jadi Zayn Malik nih.

View this post on Instagram

Jangan marah dulu. Oppa bisa jelasin.

A post shared by Faiz Sadad (@faizsadad) on

Siapa yang enggak pengin tidur di pangkuan Ariana Grande?

 

Mencoba jadi penengah antara Kanye West dan Taylor Swift

Duh kesel enggak, sih?

Itu dia beberapa karya Faiz Sadad yang terkenal kocak abis, Sobat Sabi! Selain foto editannya yang kocak, caption-nya juga tak kalah lucu. Karena kreativitasnya, Faiz mampu menarik followers hingga 34 ribu! Kalau kamu? Siap jadi untuk followers Faiz berikutnya?

Antisipasi Hoax yang Merugikan

Berbeda halnya dengan ‘hoax’ postingan Faiz Sadad yang bertujuan untuk hiburan semata, ada pula hoax yang tidak memiliki tujuan yang baik. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan penetrasi smartphone dan media sosial yang tidak diimbangi literasi digital. Informasi menyesatkan dari penyebar hoax banyak beredar melalui jalur digital seperti situs online maupun pesan chatting.

Sebagai pengguna media sosial yang baik, ada baiknya kamu bersikap bijak dalam menanggapi berita yang kamu terima. Beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari berita hoax adalah:

Berhati-hati dengan Judul yang Provokatif

Hati-hatilah terhadap artikel yang menyuguhkan judul sensasional yang provokatif, misalnya langsung menuding pihak tertentu. Berita tersebut bisa saja dicomot dari media resmi, hanya saja diubah-ubah sehingga menimpulkan persepsi sesuai yang diinginkan pembuat berita.

Cermati Alamat Situs

Menurut Dewan Pers, terdapat lebih dari sekitar 43.000 situs yang mengklaim sebagai portal berita di Indonesia. Dari jumlah tersebut, baru sekitar kurang dari 300 situs saja yang terverifikasi resmi. Pastikan kamu membuka informasi dari situs-situs resmi yang terpercaya.

Periksa Fakta

Dari manakah berita berasal? Siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti KPK atau Polri? Pastikan kamu memang mendapatkan gambaran utuh mengenai berita tersebut dengan jangan hanya melihat ‘sepotong’ kecilnya saja. Fakta merupakan peristiwa yang terjadi dengan dilengkapi dengan kesaksian dan bukti lain halnya dengan opini yang memiliki kecenderungan untuk bersikap subyektif.

Jika tujuannya hanya untuk hiburan, membuat postingan dengan teknik photo manipulation cukup banyak membuat pengguna internet terhibur namun berbeda cerita jika memang pembuat konten memiliki tujuan lain yang tidak terpuju. Jadilah netizen yang budiman dengan selalu bersikap bijak terhadap konten yang kamu terima, ya, Sobat Sabi! (sbg/Vania)

 

Comments