Aplikasi Lasso
Facebook meluncurkan Aplikasi Lasso sebagai langkah dalam menghadapi persaingan dengan Tik Tok.(Foto: Lasso)

Sabigaju.com – Di tengah menurunnya minat pengguna, Facebook mencoba sebuah inovasi dengan resmi merilis aplikasi video yang mirip dengan Vine atau Tiktok, bernama Aplikasi Lasso.

Aplikasi berbasis video pendek tersendiri yang mirip TikTok. Aplikasi ini hadir dalam rangka merebut pengguna remaja kekinian atau milenial yang semakin ke sini semakin meninggalkan Facebook, dimana hanya setengah dari total pengguna remaja (awalnya 71 persen pada 2015) yang masih menggunakan media sosial tersebut pada saat ini.

Lasso sejatinya mirip dengan TikTok yang dibuat untuk hiburan. Fitur-fitur yang ada pun rupanya mirip dengan aplikasi pesaing. Lantas, apa keunggulan Aplikasi Lasso ini?

BACA JUGA:

Keunggulan Aplikasi Lasso

Peluncuran Lasso sendiri diumumkan setelah Tik Tok berhasil mengalahkan Facebook, Instagram, dan Snapchat di Amerika Serikat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh pada September lalu.

Lasso juga memiliki kemampuan tampilan full-screen, halaman Discover, di mana pengguna bisa mencari video bikinan pengguna lain, serta satu halaman linimasa yang berjudul ‘Today’s top Creators’.

Halaman itu memungkinkan pengguna bisa melihat pembuat video terbaik, atau video yang sedang trending. Seluruh fitur tersebut diklaim bisa dinavigasi secara mudah.

Dalam pembuatan konten, aplikasi Lasso itu dibekali dengan tools yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lip sync, merekam video pendek, dan menyertakan musik (yang terlisensi pada katalog) ke dalam video yang bisa diatur kecepatannya, sama seperti yang ada pada TikTok.

Sementara Belum Bisa Digunakan di Indonesia

Lasso juga memiliki kemampuan ‘cross-platform’, yang berarti pengguna bisa mengunggah videonya ke Facebook Stories.

Facebook juga menjanjikan ‘cross-platform’ Lasso dengan Instagram Stories yang akan datang dalam beberapa waktu kedepan.

Aplikasi Lasso mulai disebar untuk platform Android dan iOS. Pengguna Lasso bisa login dengan mudah menggunakan akun Facebook atau Instagram.

Sayangnya, Indonesia belum kebagian aplikasi video hiburan buatan Facebook ini. Pasalnya, aplikasi Lasso baru bisa dijumpai di toko aplikasi oleh pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat (AS) saja. Kamu mesti sabar dulu yah (Sbg/Rig).

Comments