Sabigaju.com – Gaes kamu tahu nggak Trnyata tidak semua kondisi stres berdampak negatif. Sebab ada stres positif, psikolog menyebutnya eustress. Istilah eustress meminjam awalan “eu” yang bermakna ‘baik’ dalam bahasa Yunani.

Eustress adalah tipe stres menguntungkan yang biasanya disebabkan oleh peristiwa hidup mencemaskan. Misal, berbicara di depan umum, berkejaran dengan deadline, menikah, sampai berbicara dengan seseorang yang kamu suka.

Eustress membuat hidup lebih menarik. Tanpanya, kamu bisa jadi bosan, cepat merasa puas, dan kekurangan motivasi. Yuk kenali eustress ini lebih jauh.

BACA JUGA: Menganggur Saat Resesi dan Pandemi, Jangan Stres Gaes! 

Bikin Orang Merasa tertantang

Menurut psikolog Dr. Kara Fasone, orang merasakan eustress ketika menantang diri sendiri tanpa menghabiskan seluruh daya. Eustress memperkuat seseorang untuk berkembang dalam beberapa  aspek.

Secara emosional eustress bisa membuat perasaan positif seperti kepuasan, inspirasi, motivasi. Dari sisi psikologis, eustress membantu memperkuat keyakinan, dan secara fisik memperkuat ketahanan tubuh.

Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan tingkat stres positif yang cukup merasakan lebih sedikit lelah sepanjang hari daripada orang yang mengalami distress alias stres negatif.

Tidak seperti eustress, distress kerap kali membuat orang kewalahan. Sebab, sumber daya fisik, mental, dan emosi seseorang tidak cukup untuk memenuhi tuntutan yang dihadapi.

Stres negatif ini lah yang bisa memicu kecemasan, depresi, dan akhirnya berpengaruh dalam kinerja dan keseharian seseorang.

Beberapa Hal Penyebab Eustress

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami eustress. Beberapa stresor eustres diantaranya:

1. Promosi Jabatan atau Naik Gaji

Para pekerja kantoran tentu paling suka stresor yang satu ini nih. Promosi jabatan atau kenaikan gaji, siapa yang gak senang?

Promosi jabatan bisa membuatmu mengalami eustress dan bersemangat
(Foto: Freepik.com)

Setelah bekerja keras selama bertahun-tahun memberikan performa terbaik di kantor. Akhirnya posisi yang kamu inginkan dapat tercapai, gaji pun ikut menyusul naik. Taraf hidup otomatis akan turut meningkat.

Sebagai bentuk apresiasi, kamu pastinya akan semakin termotivasi untuk meningkatkan performa kerja. Itu dia, mengapa stressor ini baik untukmu.

BACA JUGA: Ecotherapy, Bikin Stress Ngacir di Masa Pandemi

2. Memulai Pekerjaan, Kampus, atau Cinta Baru

New start  juga dapat menjadi salah satu stressor positif nih. Baik saat memulai pekerjaan baru, hari pertama di sekolah, atau gandengan yang baru.

eustress bisa membuat orang bersemangat saat bekerja
(Foto: Pexels)

Kamu akan berusaha untuk melakukan yang terbaik agar hari pertamamu berjalan lancar. Tekanan yang muncul akan mendorong kamu untuk mempersiapkan diri. Menyiapkan perlengkapan kuliah, meningkatkan performa kerja, hingga tampil lebih menarik.

4. Liburan

Travelling bisa membantumu untuk menjadi lebih rileks.Dengan memikirkan destinasi impianmu, kamu akan menjadi lebih bersemangat untuk bekerja.

Liburan ke luar Negeri
(Foto: Freepik.com)

Rajin menabung untuk biaya travelling, hingga merencanakan kegiatanmu saat tiba nanti. Travelling menjadi pilihan yang pas bagi kamu untuk sejenak melepas penat dari rutinitas kerja.

BACA JUGA: Frugal Living, Pilihan Pas Buat Hidup di Masa Resesi 

5. Punya Anak atau Pensiun

Kelahiran anak adalah salah satu momen yang paling membahagiakan untuk para orang tua. . Agar calon anak mendapatkan hidup yang baik, para orang tua sering mengalami kondisi eustress alias  stresor positif.

Gaya Foto Pria
(Foto: Unsplash)

Nah,  tenunya jika kamu menjadi orangtua  pastinya bakal berjuang untuk memberikan yang terbaik buat sang anak. Mulai dari persiapan kelahiran, hingga tabungan masa depan. Semuanya demi si buah hati.

Selain itu  masa pensiun juga menjadi dorongan positif bagi para pekerja lanjut usia. Setelah melayani perusahaan selama berpuluh-puluh tahun, waktunya untuk beristirahat.

Apakah anak aman untuk kembali sekolah di masa new normal (
(Foto: Freepik.com)

Para calon pensiunan akan menyiapkan tabungan untuk hari pensiun, dan memaksimalkan waktu kerja. Ada juga yang bahkan bersemangat untuk tetap bekerja dengan membuka usaha sendiri loh. Tuh eustress punya dampak positif kan!

BACA JUGA: Stres Saat PSBB, Nih Cara Ngusirnya Sesuai Zodiakmu

Mengubah Stress menjadi Eustress

Nah kamu juga bisa lho mengubah distress menjadi eustress. Saat merasa cemas, jangan biarkan itu berlarut-larut. Dengan mengidentifikasi rasa stres, kamu  punya kuasa mengubah emosi.

Kunci utama eustress adalah pada respons atau persepsi kita terhadap stresor itu sendiri. Segala sesuatu yang terjadi hanya akan dapat menjadi negatif jika kita berpikir demikian.

Stres di masa pandemi
(Foto: Freepik.com)

Namun sebaliknya, jika kamu menganggapnya sebagai hal yang baik, maka akan jadi sesuatu yang baik pula. Belajar cara berpikir positif adalah salah satu rahasianya.

Tapi, jika kamu mengalami gejala-gejala fisik serius karena stres, seperti migrain atau susah tidur, tak perlu ragu menghubungi dokter.

Nah, semoga informasi ini bisa menambh wawasanmu soal stres yang positif alias eustress. (Sbg/Rig)

Comments