Motor Listrik Retro
Walaupun banyak menampilkan bentuk kekinian yang futuristik beberapa produsen malah menghadirkan tampilan motor listrik retro untuk para pecinta motor klasik. (Foto: Instagram uralmotorcycles)

Sabigaju.com – Tak dipungkiri kalau umumnya  wujud motor listrik  hadir dalam bentuk kekinian yang futuristik. Namun demikian sejumlah produsen motor tengah berupaya menghadirkan style motor listrik retro.

Hal itu tak lepas dari begitu banyaknya penggemar gaya motor jadul yang juga menjadi target pemasaran produk mereka.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih tau kamu beberapa tampilan motor listrik retro yang bakal hadir meramaikan era motor listrik. Cek this out!

BACA JUGA:

1. Ural

Ural dikenal sebagai merek sepeda motor mengandalkan gaya vintage, klasik, dan retro, dengan tandem kereta samping yang membuatnya mirip dengan motor semasa perang dunia kedua

Motor Listrik Retro
(Foto: Instagram uralmotorcycles)

Nah motor listrik retro ini menggunakan dua baterai untuk menggerakkan sepeda motor ini, yakni ZF6.5, diklaim ringan di sasis motor utama. Satu lagi ZF13.0 yang lebih berat diletakkan di kereta samping.

Dengan penggabungan dua baterai ini, Ural elektrik dapat menempuh jarak 160 kilometer. Pengisian daya menghabiskan waktu 13 jam melalui listrik rumahan.
Ural belum mengumumkan rencana produksi motor ini dalam waktu dekat.

Ural menyebutkan motor ini untuk riset pasar saja namun bila pasar menyambut baik maka bukan tidak mungkin motor ini akan benar diproduksi.

2. Rocsie: Motor Listrik Retro dengan Frame dari Kayu

Rocsie, sebuah motor listrik berdesain retro. yang dibuat oleh Unplugged Design yang berbasis di Barcelona.

Motor Listrik Retro
(Foto: Facebook Denzel Electric Bike)

Motor yang dibuat handmade ini juga punya ​​beberapa fitur lain termasuk jok kulit kustom, inverted suspension fork, rem 4-piston dengan cakram titanium, ban Dunlop, dan pilihan empat warna frame.

Untuk menggerakkan, motor yang hanya punya beban 32 kg itu ditenagai oleh motor listrik 1000watt yang tenaganya disimpan di baterai lithium-ion. Bila power habis, maka motor ini membutuhkan waktu enam jam untuk mengisi daya.

Kecepatan motor ini diklaim bisa mencapai 45km/jam dengan jarak jelajah sekitar 50 km. Kabarnya, motor ini akan dijual berkisar 6.000 hingga 8.000 euro atau sekitar Rp100-134 jutaan.

3. Denzel ECR V1

Motor listrik retro garapan Denzel yang dijuluki ECR V1 ini, terinspirasi dari sepeda motor pabrikan asal Jepang, Honda, model lawas yang menggabungkan konsep modifikasi bergaya cafe racer.

Motor Listrik Retro
(Foto: Facebook Denzel Electric Bike)

ECR V1 didukung motor listrik 7,5 kw, dan kecepatan tertingginya bisa mencapai 58 mph (92 km per jam).

ECR V1 juga memiliki fitur modern seperti cruise control, pengereman regeneratif, dan charger built-in 2,200 watt. Termasuk dua baterai sebagai sumber tenaganya. Baterai dengan kapastas 42 amp mampu menjangkau jarak hingga 62 mil (100 km) , dan baterai apasitas 60 amp mampu menmpuh jarak ekitar 87 mil (140 km).

4. Tarform

Perusahaan startup asal New York bernama Tarform yang bermarkas di New York  memperlihatkan model motor listrik retro klasik dimana seluruh bagian motor menyatu tanpa sambungan antara tangki, jok dan bodi yang menggendong mesin.

Motor Listrik Retro
(Foto: Instagram tarform)

Semuanya tampaknya merupakan satu blok padat yang terpasang pada dua roda.

Motor futuristik ini, dikabarkan akan dibekali paket baterai yang cukup besar sehingga mampu menjangkau 145 Km dalam sekali pengisian baterai.

Motor ini akan dihadirkan ke pasar dengan status edisi terbatas dan akan dibanderol dengan harga USD 18 ribu atau setara dengan Rp 237 juta dan akan dijual secara retel sesuai dengan pemesanan.

5. Skutik Lambretta

Motor listrik retro  ini mengusung konsep versi terbaru motor ikonik itu ada dua model , yakni V200 dan V125.

Motor Listrik Retro
(Foto: Lambretta)

V200 mengusung mesin dengan kapasitas 169 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 11,8 daya kuda dan torsi 12,2 Newton meter. Sementara itu, V125 memakai mesin 124,7 cc yang bertenaga 10 daya kuda dan torsi 9 Nm.

Meski tampilannya klasik, namun teknologi yang dipasang sudah kekinian, seperti lampu LED dan perangkat rem dengan fitur anti-lock braking system atau ABS.

6. Vespa Electrica

Motor listrik retro lain yang bakal bikin keceh penampilanmu adalah Vespa Elettrica yang dibesut langsung di pabriknya di Pontedera, Italia. Pabrik ini adalah tempat pertama kali Vespa meluncur pada 1946.

Motor Listrik Retro
(Foto: Instagram vespa_official)

Vespa Elettrica akan ditawarkan dalam dua varian yaitu versi standar dengan jangkauan kisaran 100 kilometer dan Elettrica X dengan kisaran lebih dari 200 kilometer.

Vespa Elettrica hadir dengan motor listrik yang ditenagai oleh baterai Litium-ion 4.2 kWh yang menghasilkan daya maksimum 4 kWh (5,4 bhp) dan torsi puncak 200 Nm.

Piaggio mengklaim baterai Elettrica ringan dan awet hingga untuk 1000 siklus charging atau sekitar 50.000 kilometer biasanya dengan pemakaian normal sekitar 4 tahunan. Skuter ini memiliki dua mode berkendara yaitu Eco dan Power, dengan kecepatan tertinggi mode Eco yang dibatasi hanya 30 kilometer per jam.

 

Comments