Liburan Akhir tahun
Ada hal yang harus dipersiapkan saat kamu memilih untuk menggunakan mobil kala liburan akhir tahun. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Musim liburan akhir tahun sebentar lagi tiba. Momen ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur ke luar kota, dengan memakai mobil pribadi.

Perlu diketahui, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pemilik wajib mengecek kondisi mobil. Tujuan utama, agar selama di perjalanan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti mogok dan lain sebagainya.

Nah dengan semakin mendekatnya masa liburan akhir tahun, maka para pemilik mobil wajib melakukan pengecekan sebelum menggunakan mobil untuk berlibur. Sebab apabila pemilik mobil jarang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, dikhawatirkan bakal menimbulkan kendala saat diperjalanan nantinya.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih beberapa tips but kamu yang akan menghabiskan liburan akhir tahun menggunakan mobil. Agar perjalanan lebih aman dan nyaman, beberapa hal penting ini perlu diperhatikan.

BACA  JUGA:

 

1. Perhatikan Kondisi Mesin

Agar mobil kondisinya prima saat liburan akhir tahun, maka yang pertama perlu diperhatikan adalah bagian mesin. Pengecekan pada bagian mesin umumnya terdapat penggantian oli atau pelumas mesin jika sudah waktunya.

Selain mengganti oli mesin, lakukan tune-up yang meliputi penggantian busi, saringan udara mesin, saringan oli mesin, oli transmisi dan lainnya.

2. Komponen Mobil

Selain sektor mesin, kamu perlu melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki. Kenyamanan kendaraan sangat dibutuhkan untuk perjalanan jarak jauh saat libur akhir tahun.

Terdapat beberapa bagian yang perlu diperhatikan, salah satunya bagian peredam kejut dan ban.

Jika shockbreaker sudah tidak bekerja secara maksimal, pastinya bantingan mobil tidak akan nyaman jika diisi muatan penuh

3. Pastikan AC bekerja dengan Baik

Sebelum menggunakan mobil untuk liburan akhir tahun, pastikan juga  AC mobil  kamu dalam kondisi prima.

AC merupakan komponen mobil pening yang sering terlupakan. Komponen ini mendukung kenyamanan perjalanan saat libur akhir tahun.

4. Roda

Selain itu perlu juga melakukan spooring roda secara berkala karena berpengaruh kepada umur ban dan handling mobil. Jika posisi roda tidak seksama, biasanya mobil kurang nyaman untuk dikendarai.

Kondisi accu mobil juga perlu diperhatikan karena menyangkut kelistrikan pada mobil.

5. Perhatikan Soal Kapasitas

Selama perjalanan  untuk liburan akhir tahun, disarankan untuk tidak melebihi kapasitas. Hindari mengangkut penumpang dan barang hingga melebihi kapasitas kendaraan. Jika kelebihan beban, maka keselamatan penumpang menjadi taruhan.

6. Siapkan Akomodasi Saat Liburan Akhir Tahun

Saat  menggunakan mobil untuk  liburan akhir tahun, maka kamu juga harus mempersiapkan uang tunai yang cukup. Sebab, selama perjalanan kita tidak tahu apakah ATM mudah ditemukan atau tidak. Sebelum memulai perjalanan, lakukan perhitungan pengeluaran selama perjalanan.

Hitung dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, toilet, dan lain sebagainya.

Selain itu, perlu juga disiapkan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan. Siapkan aplikasi GPS di ponsel untuk petunjuk jalan dan pencari jalur alternatif jka ada kemacetan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal stamina. Istirahat jika lelah. Memaksakan perjalanan jauh dan melelahkan akan berisiko. Istirahat sejenak di rest area terdekat. (Sbg/Rig)

 

Comments