Derby London
Laga Derby London antara Arsenal vs Chelsea akan di gelar di Stadion Emirates, London, Sabtu (19/1) atau Minggu pukul 00.30 WIB. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Liga Inggris akan menghadirkan derby London antara Arsenal yang akan menjamu Chelsea dalam pertandingan yang akan di gelar di Stadion Emirates, London, Sabtu (19/1) atau Minggu pukul 00.30 WIB.

Laga derby London ini diprediksi banyak pihak bakal seru dan sengit karena kedua tim terlibat rivalitas yang sangat panjang. Jelang pertandingan ke-197 bagi kedua tim.

Saat ini Chelsa menduduki posisi empat dengan raihan 47 poin. Mereka masih butuh banyak angka demi mengejar kesenjangan dengan Tottenham Hotspur (48 poin), Manchester City (53 poin), dan Liverpool (57 poin).

Sementara itu, Arsenal berada satu tingkat di bawah Chelsea. Tim asuhan Unai Emery mengantongi 41 poin, dan ini bukan sesuatu yang bisa dibanggakan. Arsenal semakin terancam dengan keberadaan Manchester United yang terus merangsek dan kini duduk di posisi enam klasemen.

Nah jelang laga derby London antara Arsenal vs Chelsea berikut sejumlah fakta menarik yang dihimpun Sabigaju dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

 

1. Pertemuan Pertama Derby London

Pertandingan pertama antara kedua tim terjadi pada 9 November 1907.

Berkompetisi di Football League, di laga tersebut Chelsea mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.

2. Arsenal jadi Raja Derby London

Arsenal paling banyak mengoleksi kemenangan. Tim berjulukan Meriam London tersebut sukses meraih 75 kemenangan.

Bagaimana dengan Chelsea? The Blues sukses 63 kali mengalahkan Arsenal. Sementara kedua tim bermain imbang sebanyak 58 kali.

4. Chelsea Peraih Kemenangan Terbesar

Dalam sejarah derbi London, Chelsea sukses mencatatkan kemenangan terbesar saat bertemu Arsenal. Momen tersebut terjadi pada 22 Maret 2014. Saat itu, Chelsea mengalahkan Arsenal dengan skor 6-0.

Jose Mourinho yang melatih Chelsea, memberikan kado buruk bagi pelatih Arsene Wenger merayakan pertandingan ke-1000 bersama Arsenal. Enam gol Chelsea diciptakan Samuel Eto’o, Andre Schurrle, Eden Hazard, Oscar, dan Mohamed Salah.

5. Rekor Penonton

Derby london antara Arsenal dan Chelsea pada 27 Mei 2017 memecahkan rekor penonton. Hal itu lantaran pertandingan yang digelar di Stadion Wembley tersebut menjadi laga yang paling banyak ditonton.

Tercatat, Wembley dihadiri 89.472 penonton. Namun, suporter Arsenal-lah yang pulang dengan tersenyum karena tim kebanggan mereka berhasil mengalahkan Chelsea 2-1.

6. Bakal Sengit

Menurut catatan BBC, ada 13 kartu merah yang sudah keluar dari bentrokan kedua tim. Jumlah itu jadi yang terbanyak dibanding pertandingan antar tim-tim London lainnya.

Melihat fakta tersebut, tak salah bila memprediksi laga nanti akan berjalan sengit dan penuh gesekan. Terlebih kedua tim diyakini akan sama-sama bermain ngotot demi meraih tiga poin dan menanjak ke papan atas klasemen Premier League.

Nah, Pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini, Arsenal kalah 2-3 di kandang Chelsea. Tertinggal oleh gol-gol Pedro menit 9 dan Alvaro Morata menit 20, Arsenal sempat menyamakan kedudukan lewat Henrikh Mkhitaryan menit 37 dan Alex Iwobi menit 41. Gol penentu kemenangan Chelsea dicetak oleh Marcos Alonso pada menit 81, dari assist Eden Hazard yang baru masuk di menit 61.

Lantas siapa yang bakal unggul dalam derby London yang akan digelar dinihari nanti? Arsenal kah atau malah Chelsea yang akan kembali memenangkan laga Derby London kali ini? (Sbg/Rig)

Comments