Empati
(Sumber foto: D’Marge)

Sabigaju.com – Tak semua orang bisa mengekspresikan empatinya dengan baik. Bahkan, sebagian orang mungkin belum memahami apa itu empati.

Secara sederhana, hal itu diartikan pengalaman memahami pikiran, perasaan, dan kondisi orang lain dari sudut pandang mereka, bukan dari pikiran sendiri.

Nah kamu harus tahu kalau empati punya pengaruh yang besar dalam kehidupan seks seseorang. Simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Pelit dan Murah Hati Bisa Pengaruhi Kebahagiaan Kehidupan seks 

Penelitian Empati dan Kehidupan Seksual

Menurut sebuah penelitian terungkap bahwa orang yang memiliki empati dan mampu memahami emosi orang lain memiliki kehidupan seks yang lebih memuaskan.

“Bagaimana orang berinteraksi dan kemampuan mereka untuk mendengarkan satu sama lain serta mengambil sudut pandang satu sama lain benar-benar bisa mempengaruhi kehidupan seks yang mereka miliki,” kata ketua peneliti Adena Galinsky dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat.

Dalam penelitian yang dilakukan Galinsky dan rekan-rekannya, melakukan studi dari 3.200 orang berusia 18 hingga 26 dan disurvey

Partisipan diberikan pertanyaan untuk mengukur tingkat otonomi diri sendiri, harga diri, empati, serta kesehatan dan kepuasan seksual.

BACA JUGA: Bukan Obat Kuat, Empat Hal ini Ini yang Bikin Kamu Perkasa di Ranjang

Otonomi berarti kekuatan untuk mengikuti keyakinan pribadi bahkan ketika bertentangan dengan nilai-nilai konvensional. Sementara, harga diri berarti kepercayaan seseorang pada penghargaan dirinya sendiri.

Sementara empati berarti kemampuan untuk mengambil perspektif lain, untuk dilihat berdasarkan sudut pandangnya dan memahami serta merespon emosi orang lain.

Terungkap bahwa mereka yang memiliki ketiga faktor penentu lebih tinggi, juga mempunyai kepuasan seksual yang lebih besar.

Galinsky dan rekan-rekannya berhipotesis bahwa individu yang memiliki empati tinggi, memiliki respons yang lebih terhadap kebutuhan pasangan. Sehingga, umpan balik antar pasangan bisa berlangsung positif.

“Aset perkembangan ini mungkin lebih penting bagi kesenangan seksual wanita muda karena membantu mereka memecah hambatan terkait komunikasi dan eksplorasi seksual,” kata Galinsky.

“Penelitian ini penting bagi perempuan untuk meningkatkan gairah seksualnya, mengingat banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan dalam menikmati seks,” jelas pimpinan penelitian, Adena Galinsky.

Walaupun begitu, tampaknya seseorang tidak akan semudah itu memiliki empati yang berguna untuk kehidupan seksnya.

Menurut psikolog dari Amerika Serikat, Sara Konrath saat ini remaja dan orang dewasa mengalami penurunan empati.

BACA JUGA: Apakah Wanita Idamanmu Lihai Di Ranjang?

Empati Pria  Membuat Pasangan Wanita Raih Kepuasan Seksual

Penelitian juga menemukan bahwa, kenikmatan seksual perempuan terjadi secara konsisten terkait dengan empati dari pasangannya.

Hal tersebut berarti  lelaki yang memiliki empati, responsif dan peduli lebih mampu menciptakan respons yang dapat meningkatkan kenikmatan seksual pada perempuan.

Hal itu membuat  harga diri dan rasa otonomi akan meningkatkan kadar kenikmatan seksual bagi pasangan perempuan. (Sbg/Rig)

Comments