Liburan di musim hujan
Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat kamu memutuskan untuk liburan di musim hujan. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Saat ini, Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Namun, bukan berarti hal ini akan menyurutkan semangatmu dalam menapaki liburan di musim hujan kali ini. Yup, Musim hujan seharusnya bukan menjadi penghalang bagimu yang ingin merencanakan liburan.

Memang, sih, dibandingkan musim panas, pilihan destinasi liburan di musim hujan jadi lebih terbatas. Destinasi favorit seperti pantai, gunung, dan air terjun pun nggak terlalu diminati saat musim hujan.

Namun, ada banyak destinasi seru yang bisa dipilih, tentunya musim hujan nggak akan menghalangi keinginan traveler untuk bersenang-senang, dong.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih tips buat yang ingin menikmati liburan di musim hujan. Berikut ulasannya

BACA JUGA:

1. Selalu Cek Prakiraan Hujan

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika tengah merencanakan liburan pada waktu musim hujan adalah selalu cek prakiraan hujan.

Liburan di Musim Hujan
(Foto; Ohayo)

Dari informasi yang diberikan oleh ramalan cuaca, kamu dapat menentukan jenis kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan ketika tiba di destinasi wisata liburanmu.

Umumnya pada waktu musim hujan terdapat pula prakiraan yang menunjukkan waktu turunnya hujan seperti pada jam tertentu maupun pada waktu pagi, siang atau sore hari. Jika diperkirakan akan turun hujan siang hari, pikirkanlah susunan waktu yang tepat agar kamu dapat tiba di destinasi wisatamu sebelum turun hujan.

2. Selalu Bawa Obat-obatan

Ketika tiba musim hujan, daya tahan tubuh sangat mungkin menurun. Persiapkan berbagai keadaan dengan selalu membawa obat-obatan.

Liburan di Musim Hujan
(Foto: Selipan)

Hal ini mengingat kondisi tubuh bisa saja tidak sesuai dengan destinasi wisata yang dikunjungi karena pengaruh cuaca di musim hujan.

Bawalah obat-obatan lengkap seperti obat masuk angin, obat sakit kepala, obat flu, obat diare dan obat dari dokter tertentu jika memang ada.

3. Pilihlah Wisata Indoor

Bermain di pantai atau mendaki gunung memang menjadi alternatif kegiatan wisata yang menyenangkan. Namun, ingatlah, pada waktu musim hujan ombak di pantai bisa saja lebih tinggi dan medan gunung pun menjadi lebih licin.

Liburan di Musim Hujan
(Foto: Saujana)

Kamu dapat menyiasatinya dengan pergi berwisata ke destinasi wisata yang bersifat indoor. Pertimbangkanlah untuk berwisata ke museum, menonton pertunjukkan budaya atau bermain di indoor theme park.

4. Gunakan Baju yang Sesuai

Saat musim hujan tiba, suhu akan menjadi lebih dingin. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan jas hujan, baju hangat atau weater ketika tengah berwisata.

Liburan di Musim Hujan
(Foto: Unsplash)

Persiapkan pula baju ganti alternatif jika kamu nantinya harus berganti baju. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan kantong plastik kosong untuk menampung semua pakaian basahmu jika kehujanan.

Oke, semoga tips ini berguna untuk kamu semua yang  bakal melakukan liburan di musim hujan. Selamat menikmati liburannya yah. (Sbg/Rig/Van)

Comments