Sabigaju.com – Santai sore sambil menikmati secangkir teh terdengar sangat relaxing ya! Tenang, Anda bisa melakukannya di rumah tanpa perlu memesan menu khusus afternoon tea di hotel atau cafe. Yuk, simak empat resep teh untuk sore hari berikut ini!

Resep Teh untuk Minggu Sore

1. Teh Hijau

Ingin mendapat asupan kafein, tapi tidak ingin minum kopi? Nah, teh hijau bisa jadi pilihan. Teh hijau murni tanpa tambahan gula atau susu mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Selain membantu tubuh menjadi lebih relaks, kandungan antioksidan polifenolnya juga membantu menangkal radikal bebas.

Ada trik khusus agar daun teh hijau yang Anda seduh menghadirkan rasa terenaknya. Pertama, seduh dengan suhu yang tepat sekitar 74 hingga 85°C atau diamkan sesaat air yang baru mendidih sebelum dituangkan untuk menyeduh teh hijau. Pasalnya, menyeduh teh hijau dengan air mendidih justru membuatnya terasa pahit dan kandungan baiknya berkurang.

2. Milk Tea

Membayangkan es milk tea pastinya menggugah selera ya? Anda bisa menyiapkan menu ini untuk afternoon tea. Seharusnya afternoon tea hanya menyajikan teh-teh asli tanpa campuran gula atau susu. Namun, tidak masalah bila Anda ingin menyajikan milk tea ini di rumah. Pertama-tama, seduh teh hitam dengan air mendidih dan campur dengan creamer. Bila ingin disajikan dengan es, maka air mendidih untuk menyeduhnya bisa dikurangi. Anda juga bisa menambahkan gula, tetapi lebih baik tidak karena kandungan gula dalam creamer umumnya sudah tinggi.

3. Teh Jahe

Musim hujan seperti saat ini meningkatkan risiko tubuh untuk terserang flu. Salah satu usaha untuk menangkalnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Misalnya, mengonsumsi teh jahe. Anda bisa memilih teh hitam atau teh dengan aroma melati dan seduh dengan air mendidih yang digunakan untuk merebus jahe. Aroma wangi jahe dan sensasi hangatnya bisa membuat agenda minum teh semakin sempurna. Apalagi saat cuaca cukup dingin atau tubuh meriang. Bagi Anda yang ingin menikmati teh jahe dengan rasa manis, bisa menambahkan gula atau madu.

4. Fruit Tea

Suka lemon tea, lychee tea, atau teh dengan tambahan buah lainnya? Teh dengan campuran buah-buahan juga bisa jadi pilihan untuk menu minum teh pada sore hari. Ada trik khusus agar teh dengan campuran buah asli ini memiliki rasa yang enak dan pas. Anda harus menyeduh teh terlebih dahulu sebelum menambahkan buah-buahan. Setelah teh terseduh dengan sempurna, angkat kantong teh dan masukkan buah pilihan Anda. Umumnya, menyeduh teh secara bersamaan dengan buah membuat sari-sari teh tidak bisa keluar secara maksimal.

Empat resep teh untuk sore hari ini bisa langsung Anda coba sendiri di rumah. Selain cara penyajiannya yang mudah, Anda pun bisa banyak berhemat karena tidak perlu memesannya di restoran atau cafe. Selamat mencoba ya! (Sbg/Er)

Comments