Pikiran negatif
Ternyata ada beberapa hal yang bisa membuat kamu memiliki pikiran negatif dan membuat hidupmu menjadi tidak bahagia. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com –  Para ahli kesehatan jiwa mengatakan hal yang bagus untuk membuat diri sendiri lebih merasa bahagia adalah dengan mengontrol pikiran negatif yang kerap kali muncul.

Beberapa pikiran negatif pun bisa datang kapan saja dan merusak kebahagiaan yang sedang kamu rasakan. Lebih dari itu,  pemikiran negatif dapat dikaitkan dengan penyakit fisik seperti penyakit jantung.

Bahkan mungkin sampai akhirnya memutuskan untuk menyalahkan diri sendiri sampai mengakhiri hidup mereka dengan bunuh diri.

Nah ada beberapa pemikiran negatif yang perlu kamu buang jika kamu ingin lebih bahagia. Simak yuk.

BACA JUGA:

 

1. Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan alias procrastination nyatanya menjadi persoalan banyak orang dan merupakan salah satu yang membuat pikiran negatif

Saat memiliki tugas yang segera mesti diselesaikan, sering kita justru memilih mengerjakan hal lain yang seharusnya dikesampingkan.

Menunda pekerjaan demi bersantai adalah hal yang malah bisa membuatmu semakin stres.

Coba ciptakan motivasi dan beri sentuhan berbeda pada rutinitas yang kamu lakukan agar pekerjaan yang kamu lakukan menjadi lebih menarik. Kamu juga dapat membuat catatan untuk memotivasi diri saat memiliki banyak pekerjaan.

Hentikan Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan agar hidup bahagia.

2. Catastrophic Thinking

Catastrophic thinking ini adalah kebiasaan yang tidak sehat untuk dilakukan karena secara tidak langsung akan membawa kamu untuk mulai mempercayai pikiran negatif yang ada di otak serta akan mengurangi kemampuan pemikiran dan pandangan situasi yang lebih seimbang.

Hal ini tentunya akan menghambat kamu  untuk lebih bisa merasa bahagia dan menyebabkan banyak gejolak emosional sebab  pikiranmu tenggelam dalam ke sisi gelap atau memikirkan sisi buruknya saja

3. Merawat Diri adalah Tindakan Egois

Pikiran negatif lain yang juga harus kamu buang adalah saat sering merasa bersalah jika kita menempatkan kebutuhan kita di atas hal-hal yang menurut kita wajib dilakukan.

Padahal jika kita terus mengalah, kita akan merasa letih sendiri nantinya. Merawat diri sendiri adalah investasi yang menguntungkan bagi Anda dan juga orang lain.

Jadi tidak apa-apa untuk mengatakan ‘tidak’ saat seseorang meminta bantuan atau menawarkan sesuatu padamu.

Prinsip ini harus menjadi sesuatu yang wajib kamu ingat seumur hidup supaya kamu dapat merasa lebih bahagia.

4. Selalu Bikin Tolak Ukur  tentang Kebahagiaan

Nah ini juga pikiran negatif yang harus kamu buang karena beracun. Mengukur kebahagiaan dengan cara pencapain tertentu sudah sangat jelas akan membuat kamu tidak bakal bahagia.

Tolak ukur tersebut seperti jumlah gaji, jabatan, atau hal-hal yang menyangkut materi lainnya.

Nicole Issa, seorang psikolog yang melayani klien di New York dan Massachusetts, merekomendasikan untuk mengubah pola berpikir tersebut sehingga kamu tidak selalu mau keadaanmu berubah.

Issa menyarankan untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu bisa bahagia sekarang jika kamu mencoba mengerjakan hal-hal ini melalui perubahan kecil, dan bahwa kamu akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mencapai tempat yang kamu inginkan jika kamu bahagia.

Ambil langkah pertama dengan makan makanan sehat atau mendaftar diri untuk aplikasi kencan. Nikmati langkah-langkah kecil ini dan janganlah memberikan ukuran tentang kebahagiaan.

Memang, tidak mudah untuk menyingkirkan pikiran negatif yang terus terlintas. Namun, kuncinya hanya ada pada dirimu sendiri. Sudah sejauh mana usaha kamu untuk meyakinkan bahwa kamu mampu dan bisa? (Sbg/Rig)

Comments