Meningkatkan Skill

Sabigaju.com – Kursus, mendengar kata itu mungkin Anda akan teringat masa-masa sekolah di mana Anda mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, yang dilakukan demi prestasi akademis yang gemilang. Padahal jika Anda memperluas sudut pandang tentang ‘kursus’ itu sendiri, manfaat kursus tak terbatas di bidang akademis saja, lho!

Berkembangnya jenis-jenis kursus di berbagai macam bidang membuat Anda bisa meningkatkan kemampuan yang tak terbatas di bidang akademis. Di tempat kursus, Anda juga bisa meningkatkan skill non-akademis dan memperluas koneksi baik di bidang usaha maupun dunia kerja.

Anda bisa pilih kursus yang Anda minati, atau yang Anda pikir akan bermanfaat bagi bidang yang sedang Anda geluti. Bingung seperti apa contoh kursus yang bisa menambah skill Anda? Cek referensinya di bawah ini:

Kursus untuk Meningkatkan Skill Non-akademis

Fashion Design

Bidang fashion sekarang ini sedang berkembang pesat, bukan hanya di kalangan atas tapi juga menengah ke bawah. Hal tersebut didukung juga dengan berkembangnya era digital, di mana setiap orang memiliki peluang yang sama besarnya untuk memasarkan setiap karyanya.

Jika Anda tertarik berbisnis di bidang fashion, tidak ada salahnya Anda memperkaya modal skill design Anda. Di sini Anda bisa belajar menuangkan ide dan sisi kreatif yang Anda miliki ke dalam sketsa, juga menjahit, membuat pola, sampai memproduksinya hingga menjadi outfit siap pakai.

Kelas Memasak

Baik masakan nusantara maupun masakan internasional, Anda bisa pelajari di kelas khusus memasak. Biasanya kelas memasak ini dibuka di sekolah-sekolah perhotelan, lembaga pendidikan, atau langsung digelar oleh salah seorang chef terkenal.

Dalam kelas memasak ini Anda akan belajar memilih bahan, mengolahnya tahap demi tahap, hingga menatanya di atas meja. Dengan kemampuan memasak profesional yang Anda dapat dari kursus ini, Anda bisa melenggang percaya diri memasuki bisnis kuliner nantinya.

Web Design

Web designer bukan pekerjaan asal-asalan. Gaji seorang web designer bisa menyentuh angka ratusan ribu dollar, lho! Tapi tentu saja, itu harus dibarengi dengan skill yang tidak sekadar mumpuni. Anda harus benar-benar ahli dan menguasai di luar kepala teknik merancang sebuah website.

Nah, untuk itu Anda harus rajin-rajin mengikuti workshop atau kursus web design. Biasanya dalam paket kursus web design ini Anda juga akan mendapat pelajaran dasar mengenai JavaScript dan Photoshop. Nantinya setelah handal, bukan hanya web pribadi tapi juga Anda akan berkesempatan merancang website level perusahaan besar. Di sinilah Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang tentu saja nilainya tidak sedikit. 

Tata rias

Ini cocok sekali untuk Anda yang hobi dandan, atau melukis. Ya, tata rias bukan hanya pulasan makeup cantik di wajah saat Anda hendak menghadiri suatu acara resmi, tapi bisa juga makeup karakter yang biasanya berguna untuk keperluan foto, teater, atau shooting film yang butuh special effect.

Misal, untuk memproduksi film bertema zombie, tentu para pemainnya harus didandani persis zombie, dong. Nah, mendandani para pemain jadi karakter zombie inilah yang jadi ranah para makeup artist. Anda bisa menyesuaikan, tata rias seperti apa yang menjadi minat Anda dan ikuti kursusnya. Yang jelas, dalam bidang tata rias pun banyak yang bisa Anda pelajari!

Kira-kira dari jenis-jenis kursus yang disebutkan di atas, mana yang cocok buat Anda? (Sbg/Ftr)

Comments