produktif

Sabigaju.com – Ritual setiap pagi seseorang tentu berbeda-beda. Kebiasaan setiap pagi seseorang akan berpengaruh pada aktivitasnya sepanjang hari. Mengapa? Karena pagi hari adalah kunci untuk menentukan produktivitas seseorang. Mood yang kamu rasa sejak bangun tidur akan terbawa hingga akhir hari.

Untuk itu cobalah memulai hari dengan bersemangat. Hal ini agar aktivitas sepanjang hari dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Selain itu, menyisihkan waktu di pagi hari juga dapat meningkatkan produktifvitas kerja seharian. Namun, untuk memulai hari kadang rasa malas selalu menghantui. Jangan sampai hanya karena rasa kurang bersemangat tersebut kamu tidak produktif dalam beraktivitas nantinya.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan agar produktif sejak pagi hari

Streching Dulu Pas Bangun Tidur

Gaya hidup orang-orang masa kini terbilang sangat instan dan selalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan. Sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga sendiri itu sangat penting bagi kesehatan yang mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang.

Jika kamu tidak punya waktu untuk berolahraga, kamu bisa memulai hari kamu dengan streching atau peregangan otot saat bangun tidur. Lakukanlah selama 7 hingga 10 menit saja. Meski hanya sebentar, menggerakan tubuh akan merangsang kamu lebih aktif untuk beraktivitas. Selain itu, manfaat lain dari streching di pagi hari membantu melancarkan peredaran darah yang membuat kamu akan lebih fresh.

Hindari Sarapan Carbo

Biasakan sarapan dengan makanan yang tepat. Sarapan merupakan aktivitas makan yang paling penting dibanding siang atau malam hari. Karena sarapan membentuk sumber energi yang kamu perlukan untuk menjalani aktivitas. Makanan saat sarapan pun harus diperhatikan. Tidak semua makanan cocok dijadikan makanan untuk sarapan.

Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Meski karbohidrat adalah sumber energi, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi saat sarapan bisa bikin ngantuk. Hal ini dikarenakan di pagi hari lambung belum siap bekerja dan mencerna makan yang berat. Kamu bisa menggantikannya dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

To Do List

Merangkum apa saja aktivitas dan pekerjaan yang akan kamu lakukan hari itu juga dapat meningkatkan produktivitas. Buatlah to do list pekerjaan kamu yang sewajarnya yang kamu rasa dapat diselesaikan hari itu. Kamu bisa membagi to do list dalam beberapa bagian, prioritaskan pekerjaan yang mendesak hingga yang paling tidak mendesak. Membuat to do list akan mempermudah kamu untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak membuang waktu dengan sia-sia karena bingung harus mengerjakan yang mana dulu.

Tetapkan Target Waktu

Selain membuat to do list, kamu juga perlu menentukan target waktu atas pekerjaan yang kamu lakukan. Tandailah kalender di meja kerjamu sebagai pengingat deadline. Hal ini akan membuat kamu lebih produktif dan fokus pada tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Menetapkan target waktu juga bisa membantu kamu mengevalusi kinerjamu apa saja yang sudah tercapai sesuai dengan rencana. (Sbg/Aq)

Comments