marah
Saat diri kita dihinggapi emosi yang dapat membuat marah, ada baiknya kita melakukan hal yang positif untuk mencegah kerugian pada diri kita maupun orang lain(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Belum lama ini seorang pemuda yang belakangan diketahui bernama Adi Saputra, mendadak menjadi bahan perbincangan lantaran aksinya yang marah dengan merusak motornya ketika ditilang polisi di Tangerang Selatan, Banten.

Video yang dibagikan oleh beberapa akun Instagram ini diberi caption yang menjelaskan bahwa remaja tersebut sedang merusak motornya sendiri.Bahkan saat akan ditilang, remaja kelahiran Lampung ini juga sempat mencoba menghindari petugas.

Adi Saputra akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Kepolisian lantaran  melanggar lalu lintas.

BACA JUGA:

 

Kendalikan Amarah Saat Emosi

Nah, belajar dari apa yang dilakukan Adi , rasa emosi ataupun marah adalah sebuah keadaan emosional yang alami. Namun, perlu waspada ketika hal tersebut sudah merugikan orang lain.

Secara alami, cara manusia untuk mengekspresikan kemarahan adalah merespon secara agresif.  Namun, kita tidak bisa secara fisik menyerang setiap orang atau benda yang membuat kita jengkel. Masih ada hukum, norma, dan akal sehat guna membatasi seberapa jauh kemarahan mengontrol kita.

Mengekspresikan perasaan marah dengan cara yang tegas dan tidak agresif adalah cara paling sehat untuk mengekspresikan kemarahan.

Empat Cara Menenangkan Kemarahan

Nah perlu kamu ketahui, kemarahan bisa ditekan, dikonversi, dan dialihkan.  Fokuslah pada sesuatu yang positif.

Berikut empat Cara Sederhana untuk menenangkan diri saat dilanda emosi yang membuatmu marah:

1. Tersenyumlah

Saat kamu berusaha menahan amarah ketika tengah emosi cobalah untuk tersenyum Cara ini bagi sebagian orang adalah cara yang aneh untuk mengatasi marah dan sukit untuk dilakukan.

Tersenyum adalah salah satu cara cepat untuk meredakan amarahmu meskipun tersenyum dalam keadaan terpaksa sekalipun. Dengan tersenyum bisa membuat suasana hati menjadi lebih. Cobain deh!

2. Memaafkan

Kunci untuk melepaskan amarahmu adalah dengan jalan memaafkan . Artinya, kamu harus mencoba untuk berdamai dengan dirimu sendiri bahwa marah berkepanjangan juga tidak baik untuk dirimu sendiri.

3. Alihkan dengan Hal Positif

Cara lain yang ampuh untuk meredakan amarahmu adalah dengan melakukan kegiatan positif yang bisa bikin kamu lebih happy dan bersemangat lagi misalnya dengan berolahraga, membaca buku, dan lainnya mampu membuatmu amarahmu mereda.

4. Mendengar Musik

Saat kamu dilanda emosi yang bikin kamu marah marah, coba dengarkan musik bertempo riang dengan lirik positif pasti hal itu bakal membuatmu lebih bahagia dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Namun, saat kamu marah  jangan mendengarkan musik dengan lirik lagu yang negatif yah. So mulai sekarang kalau lagi dilanda emosi jangan marah-marah yah! (Sbg/Rig)

Comments