Nama Elon Musk menjadi perbincangan hangat lantaran roket karya perusahaanya, Heavy Falcon berhasil mengudara padahal banyak pihak yang menyatakan roket tersebut tak akan mam mampu menembus luar angkasa. (Foto Instagram elonmusk)
Nama Elon Musk menjadi perbincangan hangat lantaran roket karya perusahaanya, Heavy Falcon berhasil mengudara padahal banyak pihak yang menyatakan roket tersebut tak akan mam mampu menembus luar angkasa. (Foto Instagram elonmusk)

Sabigaju.com – Nama Elon Musk menjadi perbincangan hangat lantaran pernyataannya yang tak jarang mengundang kontroversi. Terakhir, ia mengungkapkan keinginannya untuk menginvasi planet Mars.

Di balik pernyataan-pernyataannya yang kontroversial, tentu telah diketahui secara luas bahwa Elon Musk merupakan CEO sekaligus pendiri SpaceX, CEO Tesla Motors dan salah satu pendiri PayPal. Ia juga dikenal sebagai orang yang sangat cerdas.

Sosok Elon Musk memang merepresentasikan Tony Stark di kehidupan nyata. Mari kita bandingkan, Tony Stark alias Iron Man, memiliki perusahaan teknologi Stark Enterprises (Stark Industries) yang mengembangkan produk-produk canggih dan mengagumkan, dan Elon Musk memiliki SpaceX dan Tesla, yang tak kalah hebat dalam berinovasi di bidang teknologi.

Roket Falcon Heavy

Roket Falcon Heavy ini diklaim sebagai moda transportasi luar angkasa terkuat karena mampu mengangkat beban seberat 64 ton! Roket terkuat itu melesat ke luar angkasa tanpa insiden, setelah sejumlah kalangan menyebutnya sebagai uji terbang yang berisiko.

https://www.instagram.com/p/BdjBHqdAIzs/?hl=id&taken-by=elonmusk

Melalui uji terbang ini, Falcon Heavy mengincar predikat sebagai moda transportasi paling kuat ke luar angkasa.

Roket tersebut dirancang mengangkut beban seberat 64 ton—yang setara dengan lima bus tingkat London—ke lingkaran orbit Bumi rendah.

Menurut Musk, Falcon Heavy bisa mengangkut bobot lebih dua kali lipat dari Delta IV Heavy—yang sejak 2004 menyandang gelar roket terkuat di dunia—namun dengan biaya pembuatan sepertiga dari ongkos Delta IV Heavy.

Mobil Listrik Dengan Kecepatan Super

Tesla Roadster dilengkapi motor listrik bertenaga 248 hp dan melontarkan torsi 270 nm. Baterai yang dikandungnya adalah Lithium-ion daya 53 kWh. Klaim perusahaan mobil mampu bergerak sejauh 393 km dalam satu pengisian daya listrik.

Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 1,9 detik. dan mencapai 160 kpj cuma memerlukan 4,2 detik. Sedangkan kecepatan puncaknya diklaim bisa menembus 402 kpj.

https://www.instagram.com/p/BbmFcXbgXhO/?hl=id&taken-by=elonmusk

Elon Musk kembali membuat kejutan di dunia otomotif dengan melakukan peluncuran roket SpaceX terbaru, Falcon Heavy yang di dalamnya ada satu unit mobil listrik Tesla Roadster. SpaceX melontarkan mobil listrik berwarna cherry red ke orbit Mars.

Musk tak punya motivasi secara khusus ‘membuang’ mobil listrik seharga US$ 100.000 (Rp1,3 miliar) tersebut. Namun Ia menjabarkan alasannya untuk melontarkan Tesla ke angkasa melalui Twitter.

“Saya suka membayangkan tentang mobil yang melayang tanpa henti di luar angkasa dan mungkin ditemukan oleh ras alien jutaan tahun mendatang,” cuit Elon di akunnya, @elonmusk.

Neuralink

Pada tahun 2017, Elon Musk lagi-lagi membuat konsep yang futuristik dalam inovasi teknologi mutakhir dan kali ini ia mendirikan perusahaan Neuralink.

Tujuan Neuralink adalah mengembangkan teknologi yang dapat menghubungkan antara otak dengan komputer. Alat yang digunakan sebagai penghubung tersebut dinamakan Matrix.

Ilustrasi Matrix

Musk merupakan salah seorang yang sangat kuat menolak kehadiran kecerdasan buatan (AI) yang ditakutkan akan melebihi kecerdasan manusia dan menguasai manusia di masa depan. Karena alasan itulah maka Neuralink adalah cara Musk untuk membantu manusia dapat bersaing dengan robot dengan AI di masa depan.

Hyperloop

Hyperloop merupakan sebuah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi. Secara garis besar konsep ini dikemukakan Elon Musk tahun 2013.

Ilustrasi hyperloop (Sumber: pocket-lint)

Hyperloop adalah sebuah kereta super cepat yang memiliki rute di dalam kapsul bertekanan rendah dan menggunakan magnet superkonduktor sehingga dapat melaju dengan kecepatan tinggi hingga mencapai kecapatan suara. Dengan kecepatan yang dimiliki Hyperloop, diperkirakan jarak Jogja-Jakarta dapat ditempuh setengah jam saja.

SolarCity

SolarCity adalah sebuah perusahaan penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2006, sepupu Musk yaitu Lyndon Rive mendirikan SolarCity yang konsep awalnya diusung oleh Elon Musk.

https://www.instagram.com/p/BJJCLu2ArLK/?hl=id&taken-by=solarcity

Visi SolarCity adalah melawan pemanasan global, ini menunjukkan keterkaitan antara SolarCity dan Tesla Motor dengan pemikiran Elon Musk yang menginginkan teknologi bersih.

Pada tahun 2012 Musk mengumumkan kerjasama antara Tesla Motor dan SolarCity yang didasarkan visi yang sama. (Sbg/Rig)

Comments