Salah satu adegan yang dilakukan Donald Glover a.k.a. Childish Gambino dalam video klip berjudul 'This is America'. (Foto: You Tube Donald Glover-This Is America)
Salah satu adegan yang dilakukan Donald Glover a.k.a. Childish Gambino dalam video klip berjudul ‘This is America’. (Foto: You Tube Donald Glover-This Is America)

Sabigaju.com – Belum lama ini pencinta musik di penjuru dunia dihebohkan dengan dengan hadirnya video musik ‘This Is America’ yang dilantunkan Childish Gambino a.k.a Donald Glover.

Selain mendapat banyak pujian dari berbagai kalangan, video musik tersebut seakan mencoba mengingatkan Amerika Serikat yang selama ini menamakan diri sebagai negara demokrasi dengan keberagaman dan kebebasan berpendapat. Namun, juga sekaligus negara dimana diskriminasi kerap terjadi.

Sebut saja sanjungan yang dilontarkan oleh penyanyi Adele. Di sebuah foto yang diunggah pada akun Instagram-nya, pelantun lagu ‘All I Ask’ tersebut menuliskan, “Ps: Childish Gambino bagaimana mungin kamu mempunyai waktu untuk memberikan kita begitu banyak hal menakjubkan dalam banyak bentuk. Aku mengagumimu x.” tulis Adele di akun Instagramnya.

Childish Gambino Kebanjiran Uang?

Nielsen Music merilis bahwa angka penjualan dari lagu-lagu Childish Gambino meningkat 419 persen di Amerika Serikat. Angka tersebut dipengaruhi oleh video dan juga penampilannya di Saturday Night Live yang disiarkan di NBC pekan lalu.

Secara kolektif, album-album milik Childish Gambino mencapai angka penjualan sebanyak 11.000 keping, meningkat dari sebelumnya yang hanya 2.000 keping.

View this post on Instagram

This is America

A post shared by SZA (@sza) on

Dikutip dari Billboard pada Selasa (15/5), ada tiga album Childish Gambino yang kembali masuk ke tangga lagu 200. Peringkat tertinggi adalah ‘Awaken, My Love!’ (2014) yang berada di urutan 45.

Album tersebut memperoleh angka penjualan rata-rata sebanyak 12.000 keping dengan presentase penjualan album fisik sebanyak 5.000 keping. Angka rata-rata tersebut melonjak 156 persen, sedangkan penjualan album fisiknya naik 268 persen.

Selain itu, album ‘Because the Internet’ (2013) pun berhasil menduduki peringkat 61 dan ‘Camp’ (2011) di nomor 197. Wah, Sepertinya Donald Glover kini tengah sibuk menghitung pundi-pundi jutaan dollar yang membanjiri rekeningnya.

Childish Gambino Pensiun Dini?

Walau menuai pujian atas kesuksesan dan kontroversi terkait video klip dari single terbarunya ‘This Is America’, namun Donald Glover dikabarkan akan menanggalkan nama panggungnya, Childish Gambino setelah album baru. Hal itu diungkapkan oleh sang pimpinan kreatif, Ibra Ake, dalam sebuah wawancara dengan Radio WNYC.

 

Donald Glover dikabarkan akan segera menanggalkan nama pa nggung Childish Gambino. (Foto You Tube Donald Glover- This Is America)
Donald Glover dikabarkan akan segera menanggalkan nama pa nggung Childish Gambino. (Foto YouTube Donald Glover-This Is America)

Saat ditanyai perihal proyek musik di masa yang mendatang, Ake menjawab ada banyak hal yang belum bisa dibagikan saat ini. Namun ia dan Glover akan bekerja maksimal karena, dia menyebut, album tersebut akan menjadi yang terakhir bagi Gambino.

“Saya rasa kami masih akan menyimpan beberapa hal, tetapi akan ada banyak hal yang ingin kami luncurkan. Kami menganggap diri kami seperti Avengers setiap kali kami bertemu,” kata Ake dikutip dari NME, belum lama ini.

“Untuk saat ini kami berusaha bekerja dengan cepat dan semaksimal yang kami bisa. Terutama untuk yang satu ini, kami ingin membuat sebuah ledakan, karena ini jadi album terakhir untuk Childish Gambino,” tutupnya.

Wah, kok Childish Gambino pensiun dini sih? (Sbg/Rig)

Comments