Sabigaju.com – Salah satu lagu dari album debut Ed Sheeran, “Small Bump” dikabarkan digunakan oleh aktivis anti-aborsi di Irlandia. Lagu tersebut dilaporkan dimainkan oleh aktivis tersebut yang berkampanye di pusat kota Dublin.

Ed Sheeran pun mengecam hal tersebut. Dilansir dari The Guardian, dia mengecam kampanye anti-aborsi dengan menggunakan lagunya tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya, Sheeran menyampaikan bahwa isi dari lirik lagu tersebut tidak mencerminkan hal yang senada dengan kampanye itu.

BACA JUGA: Ed Sheeran dan Kendrick Lamar Borong Enam Penghargaan di Ajang Billboard Music Awards 2018

“Small Bump” sendiri merupakan salah satu lagu dalam album debut Ed Sheeran yang dirilis pada tahun 2011 lalu. Lagu tersebut kemudian kembali mencuat karena digunakan untuk mendukung referendum untuk mencabut amandemen kedelapan konstitusi, yang melarang aborsi hampir pada semua kondisi. Atas hal itu, Ed Sheeran keberatan dan memberikan pernyataan melalui Instagram pribadinya.

Ed Sheeran mengungkapkan bahwa dia diberitahu kalau lagu “Small Bump” yang dinyanyikannya telah digunakan untuk kampanye anti-aborsi. Dia merasa perlu memberikan klarifikasi kalau dirinya tidak membenarkan atau memberikan izin kepada aktivis untuk menggunakan lagunya tersebut.

Memang lirik dalam lagu Small Bump itu cukup multitafsir dan cenderung bisa dipelintir untuk seolah-olah digunakan mendukung kampanye anti-aborsi tersebut.

Potongan lirik yang dimaksud itu antara lain, “You’re just a small bump unknown, you’ll grow into your skin/With a smile like hers and a dimple beneath your chin/Finger nails the size of a half grain of rice, and eyelids closed to be soon opened wide/ A small bump, in four months you’ll open your eyes.”

BACA JUGA: Pulihkan Lengan Patah Sebulan, Konser Ed Sheeran di Indonesia Bakal Lanjut?

Persoalan anti-aborsi ini memang tengah memanas di Irlandia. Tak heran bila kemudian lagu yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran tersebut disalah gunakan demi mendulang dukungan publik di sana. Mungkin aborsi memang tidak tepat untuk beberapa kondisi, namun melarang tindakan tersebut sepenuhnya juga tidak bisa.

Terlebih lagi bila hal itu menyangkut kesehatan. Bisa jadi pertimbangan semacam ini juga yang membuat Ed Sheeran mengecam penggunaan lagunya tanpa izin digunakan oleh aktivitis anti-aborsi di Irlandia. (sbg/Erny)

Comments