Sabigaju.com – Masih ingat dengan Joey Alexander? Yap, Joey Alexander pianis muda bertalenta asal Indonesia yang mendunia. Baru-baru ini, Joey membuktikan eksistensinya di dunia musik dengan merilis karya terbarunya berjudul Eclipse.

“Dengan gembira saya mengumumkan bahwa album baru Eclipse saya sudah bisa dipesan sekarang. Terima kasih @harland_eric, Reuben Rogers dan @Joshua_Redman karena membawa banyak cinta dan kegembiraan dalam karya musik ini,” tulis Joey dalam akun Twitter-nya, @_JoeyAlxander.

Terinspirasi dari Gerhana Bulan

Joey mengungkap bahwa karya musik keempatnya itu terinspirasi dari gerhana matahari, seperti yang dilansir Billboard. Bukan hanya itu, keunikan lainnya, Eclipse juga direkam saat peristiwa gerhana matahari pada Agustus 2017 lalu.

“Setelah menyaksikan gerhana, aku pun terinspirasi membuat komposisi baru,” ujar Joey Alexander.

Musisi yang Terlibat di Album Eclipse

Musisi berusia 14 tahun ini melibatkan musisi ternama lainya. Dalam albumnya, Joey dibantu oleh saksofonis Joshua Redman, bassis Reuben Rogers, dan drummer Erick Harland. Pembuatan Eclipse sendiri tidak memakan waktu lama hanya tiga hari. Eclipse sendiri akan dirilis pada 4 Mei 2018 mendatang di bawah label Motema Music.

“Album baru ini mewakili siapa saya dan saya sangat menantikan untuk membawa orang-orang dalam perjalanan ini,” kata Joey .

Prestasi Gemilang Joey Alexander

Joey memulai karirnya di usia yang sangat belia. Album jazz pertamanya yang berjudul “My Favorite Things” dirilis pada tanggal 12 Mei 2015 saat Joey Aleander berusia 11 tahun di bawah Motema Record.

Melalui album “My Favorite Things” , Joey berhasil mendapatkan nominasi Anugerah Grammy untuk dua kategori, yakni Best Instrumental Jazz Album (“My Favorite Things”) dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Steps dari album tersebut) pada 2016. Joey juga pernah menyabet penghargaan bergengsi dalam kategori Program Spesial Events (Special Interview Joey Alexander with Najwa Shihab (MetroTV) di Panasonic Gobel Awards 2016.

Joey juga pernah manggung bersama musisi internasional, Adele,Taylor Swift,Ed Sheeran,Bruno Mars dll di Grammy Awards 2016. Ia juga menjadi Artis Asia Tenggara Pertama yang tampil di acara bergengsi tersebut.

Prestasi gemilang yang berhasil diraih oleh Joey merupakan pembuktian kerja kerasnya di dunia music internasional. Padahal, kelihaian jari-jarinya Joey peroleh dari kemauannya belajar dan memperdalam musik jazz sendiri (autodidak) sejak usia enam tahun.

Indonesia tentu sangat bangga memiliki pianis muda berbakat yang bisa dikenal dunia. Apalagi Joey memiliki segudang prestasi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Selamat Joey untuk album barunya. Semoga dapat mengeluarkan karya-karya ciamik lainnya yang bisa mengharumkan tanah air. (sbg/Aqiyu)

Comments