Earthing punya segudang manfaat bagi kesehatan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini kebiasaan nyeker alias berjalan diatas tanah,rumput maupun bebatuan tanpa alas kaki makin banyak dilakukan orang. dan kegiatan tersebut kini bernama earthing.

Aktivitas earthing sendiri di yakini oleh banyak orang sebagaai sebuah metode murah namun memberi damak luar biasa bagi kesehatan apalagi jika dilakukan rutin setiap harinya.

Earthing sendiri tidak hanya sebatas berjalan kaki tanpa alas sepert seepatu atau sandal, namun kegiatan seperti duduk dan berbaring langsung di atas permukaan tanah juga termasuk kategori earthing.

BACA JUGA: Aktivitas Jalan Kaki Sebagai Cara Pengembangan Diri 

1. Tidur lebih nyenyak

Tidur penting untuk menjaga tubuh beserta organ-organnya berfungsi normal. Tak hanya kuantitas, tidur pun perlu berkualitas. Nyeker terbukti membuat tidur lebih nyenyak.

Sebuah ulasan yang diterbitkan oleh Journal of Environmental and Public Health melihat sejumlah penelitian tentang cara menarik elektron bumi untuk meningkatkan kesehatan.

Disebutkan juga bahwa pasien yang sakit kronis bisa tidur lebih baik dan rasa sakit berkurang berkat kasur serat karbon yang diletakkan di tanah terlebih dahulu.

Melihat ini, tentu earthing bisa meningkatkan kualitas tidur karena tubuh menyerap elektron bumi (tanah).

2. Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

Seseorang yang sering melakukan kebiasaan earthing di pagi hari akan merasakan tubuhnya lebih bugar karena sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat.

Hal ini akan membuat mereka yang berjalan pagi tanpa alas kaki, tak mudah menjadi sakit.

3. Antioksidan Alam

Antioksidan biasanya dikenal ada pada makanan dan kosmetik. Nyatanya, permukaan bumi ini pun bisa bertindak sebagai antioksidan.

Apapun yang ada di alam, termasuk manusia, mengandung atom. Atom terdiri dari komponen negatif yang disebut elektron.

Saat sama-sama bertemu dengan sesuatu yang berkomponen elektron, maka akan menjadi proton. Otomatis, atom menjadi netral.

Dalam sebuah ulasan yang diterbitkan The Washington Post, saat elektron pada atom tak punya ‘pasangan’ maka ia menjadi radikal bebas.

Lewat aktivitas earththing, elektron akan bisa dinetralisir sehingga menurunkan risiko inflamasi, kanker dan penyakit lain.

4. Tingkatkan kesehatan jantung

Earthing diyakini mampu meningkatkan aliran sel darah merah ke permukaan. Dalam kumpulan investigasi yang diterbitkan The Journal of Alternative and Complimentary Medicine, saat aliran sel darah merah lancar sel-sel tidak gampang menggumpal dan menurunkan viskositas atau kekentalan darah.

Saat viskositas tinggi, maka risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lain semakin besar.

BACA JUGA: Gaes, Jangan lupa Perawatan Kaki Saat Stay At Home

5. Menyehatkan Kaki dan Punggung

Earthing  sangat baik untuk kaki manusia. Aktivitas ini dapat membantu menguatkan serta merenggangkan otot, tendon dan ligamen kaki, juga sendi dan betis.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terkena cedera kaki, sakit lutut dan masalah punggung.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Tubuh

Saat ada bagian tubuh yang sedang melewati proses penyembuhan, maka earthing dikatakan akan mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh tersebut.

Selain itu, mekanisme perbaikan jaringan tubuh juga bekerja dengan baik sebagai respon dari energi yang dihasilkan saat telapak kaki menyentuh bumi.

BACA JUGA: Kebiasaan Jalan Kaki Berguna untuk Mencegah Corona 

7. Mengasah Kepekaan

Earthing juga bisa mengasah kepekaan karena orang terus-menerus melihat area sekitar, menghindari daerah kasar, dan membuat arah berkelok-kelok yang membuat otot bekerja hampir seperti menari.

Dalam serangkaian analisis, peneliti menemukan bahwa bahkan pada permukaan keras, pelari bertelanjang kaki yang menjejakkan tanah ke depan menghasilkan benturan dengan permukaan tanah yang lebih kecil dibandingkan pelari yang menggunakan sepatu.

Pelari tanpa alas kaki juga memiliki langkah yang lebih lentur serta lebih efisien menggunakan betis dan otot kaki.

Gimana, kamu tertarik untuk mulai melakukan aktivitas earthing dalam waktu dekat ini  (Sbg/Rig)

Comments