Duo hiphop muslim Deen Squad kini tengah ramai diperbincangkan lantaran mengubah sebuah lagu yang dipopulerkan Camila Cabelo Havana menjadi Madina (Foto: Youtube Deen Squad)
Duo hiphop muslim Deen Squad kini tengah ramai diperbincangkan lantaran mengubah sebuah lagu yang dipopulerkan Camila Cabelo Havana menjadi Madina. (Foto: Youtube Deen Squad)

Sabigaju.com – Kesuksesan Camila Cabelo mempopulerkan lagu ‘Havana‘ di sepanjang 2017 rupanya masih membekas hingga kini.

Tembang tersebut kini tampil lewat sentuhan Islami oleh duo yang menyebut diri mereka sebagai hip hop muslim asal Kanada, Deen Squad,

Tak hanya mengganti liriknya, mereka juga mengubah judulnya menjadi ‘Madina’. Deen Squad mengunggahnya di akun YouTube milik mereka.

Dari Havana Menjadi Madina

Lagu ‘Madina’ tersebut menggambarkan kerinduan penyanyinya untuk pergi ke Tanah Suci dan mengunjungi kota Madina. Bagi umat Muslim, Madina memang kota yang penting.

Madina adalah tujuan Nabi Muhammad SAW untuk hijrah. Di kota tersebut juga terdapat Masjid Nabawi.

https://www.instagram.com/p/BZJbEadA0e0/?taken-by=jae_deen

Pemandangan rapper memakai jubah, sorban, menyanyikan lagu Islami dengan nada modern ini termasuk pemandangan yang jarang terjadi. Tentu hal ini menarik perhatian netizen. Di facebook saja, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali.

Deen Squad merupakan duo bentukan Karter Zaher dan Jae Deen yang bertemu saat menempuh pendidikan di Carleton University.

Sebelum menyanyikan ulang ‘Havana’ menjadi ‘Madina’, keduanya juga telah biasa merilis lagu bernafaskan religi.

Populer Di Indonesia

Deen Squad sendiri sebelumny sudah mendapatkan hati diklangan pecinta lagu religi di Tanah air. Dimana merek pernah membawakan lagu dengan konsep cinta halal dalam Islam, dan single mereka diberi judul Halal Lovin.

Lewat lagu tersebut Deen Squad ingin mengampanyekan mengenai tidak adanya rasisme dalam Islam. Video klip tersebut menampilkan pasangan yang berbeda negara.

Menariknya, ada salah satu adegan dalam video klip tersebut yang menampilkan Bendera Merah Putih. Adegan itu memperlihatkan pasangan beda negara, si pria asal Amerika Serikat dan wanitanya asal Indonesia.

Dikutip dari keterangan unggahannya, pria dan wanita asli Indonesia adalah Langston Hues dan Utari Damri. Pengambilan gambar dilakukan Prince Films di Jakarta, Indonesia.

Single ini pertama kali diunggah di YouTube pada Senin, 18 Desember 2017.

Havana Lagu Politik Dengan Sentuhan Latin

Walau sebagian besar dari kita mungkin mengira bahwa makna lagu tersebut adalah seorang wanita yang terpaksa harus putus dengan kekasihnya.

Hal tersebut karena si wanita belum siap untuk tinggal bersama kekasihnya di luar kampung halamannya, yaitu Kuba.Namun, nyatanya lagu Havana memiliki mutan politis

Apalagi banyak kalangan yang berpadangan bahwa makna dari kata dreamers dalam lirik lagu yang dipopulerkan oleh Camilla Cabelo tersebut tersebut ditafsirkan sebagai sebutan untuk pemimpi yang tidak kenal lelah dalam memperjuangkan cintanya.

Padahal kata Dreamers dalam lagu ini bermakna pada kelompok imigran Dream (Development, Relief and Education for Alien Minors) dan Cabello merupakan suporter dari DACA (Deferred Action for Childhood Arrivals) yang kini nasibnya terombang-ambing di masa pemerintahan Presiden Donald Trump.

Yup, Melalui lagu Havana, cewek yang berasal dari Kuba ini bergabung dengan sejumlah selebriti seperti Lady Gaga dan Chris Evans yang menyuarakan pendapatnya atas kebijakan baru Donald Trump yang mempersulit para imigran mendapat izin untuk tetep tinggal di Amerika Serikat. (Sbg/Rig)

Comments