Hari Bumi
Google secara khusus membuat doodles untuk merayakan peringatan Hari Bumi 2019. (Foto: Google)

Sabigaju.com – Hari ini senin, 22 April 2019 penduduk planet Bumi merayakan Hari Bumi alias Earth Day. Bumi adalah rumah bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Dan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, Google menciptakan Doodle yang mengagumi keindahan Bumi.

Saat Anda mengklik Google Earth Doodle Day 2019, ia memperbesar untuk menampilkan beberapa hewan dan tanaman paling keren di planet ini.

BACA JUGA: Fast Fashion Punya Dampak Buruk Terhadap Lingkungan

Fakta Fakta Makhluk Bumi

Doodles Hari Bumi 2019 juga menampilkan fakta-fakta menyenangkan tentang makhluk dan tanaman hijau paling menarik di dunia. Termasuk elang laut yang berkeliaran, kayu merah, dan lebih banyak jenis keanekaragaman hayati yang cantik.

Secara khusus, tayangan slide interaktif Doodle mengeksplorasi enam organisme di seluruh Bumi.

“Google Doodle Hari Bumi (Earth Day) tahun ini membawa kamu berkeliling planet yang kita sebut sebagai rumah, dan menemukan beberapa organisme menakjubkan yang menghuninya,” tulis Google laman blognya.

Gambar doodle diciptakan oleh Kevin Laughlin, yang bertujuan untuk menunjukkan kepada semua orang karakteristik yang menjadikan planet ini indah untuk hidup.

BACA JUGA: Mencintai Planet Bumi Artinya Bersedia Beli Sneakers Ini

Saat Doodle pertama kali dibuka, hewan pertama yang akan Anda lihat adalah elang laut yang berkeliaran, yang memiliki lebar sayap terluas dari semua burung yang hidup.

Doodle menunjukkan pohon kayu merah yang juga dikenal sebagai pohon tertinggi di Bumi.

Doodle juga membalik-balik Paedophryne Amauensis, yang memegang rekor dunia untuk katak terkecil di dunia dan vertebrata terkecil, dan lily air Amazon, salah satu tanaman air terbesar di planet ini.

BACA JUGA: Pemuda Belia Ini Berhasil Menyulap Sampah di Laut Jadi Uang 

Spesies lainnya adalah Coelacanth, spesies ikan paling tua di dunia; Paedophryne Amauensis, katak dan vertebrata terkecil; Amazon Water Lily, tanaman air terbesar di dunia, dan Deep Cave Springtail, serangga tanpa mata yang hidup di tempat terdalam di dunia.

Beberapa dari spesies di Google Doodle ini baru ditemukan dalam kurun waktu beberapa dekade terakhir.

Satu spesies diduga sudah punah 66 juta tahun lalu dan baru ditemukan kembali 80 tahun yang lalu.

BACA JUGA: Serius Jaga Laut, Adidas Sumbang Rp13,8 Miliar per Kilometer

Trending Topik di Twitter

Lini masa Twitter ramai dengan tagar Hari Bumi (#haribumi). Tagar ini memuncaki trending topic dengan beragam twit ajakan, harapan, dan doa agar warganet lebih peduli dengan Bumi yang kita tinggali.

Berdasarkan pantauan Sabigaju, twit warganet lebih banyak dalam bentuk ajakan dan informasi agar kita dapat lebih peduli dalam melestarikan Bumi ini serta menunjukan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan bumi.

Saking banyaknya twit yang membanjiri lini masa, perbincangan Hari Bumi pun kini menjadi topik yang paling banyak dibahas warganet. Tagar #HariBumi pun berada di jajaran teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia, diikuti dengan tagar #EarthDay di peringkat ketiga.

Sesuai namanya, Hari Bumi merupakan peringatan tahunan mengenai pentingnya menjaga kehidupan yang ada di Bumi. (Sbg/Rig)

Comments