Setelah ajang MotoGP Inggris dibatalkan, balapan ke-13 Seri MotoGP San Marino 2018 akan digelar di Sirkuit Misano pada hari Minggu (9/9) Malam WIB. (Foto: Instagram motogp)
Setelah ajang MotoGP Inggris dibatalkan, balapan ke-13 Seri MotoGP  San Marino 2018 akan digelar di Sirkuit Misano, pada hari Minggu (9/9) Malam WIB. (Foto: Instagram motogp)

Sabigaju.com – Setelah MotoGP Inggris dibatalkan lantaran derasnya guyuran hujan dan kondisi Sirkuit Silverstone yang basah, seri MotoGP San Marino 2018 hadir di Sirkuit Misano pada pekan ini yang akan memasuki seri balapan ke-13.

Momen puncak seri MotoGP San Marino hadir di hari Minggu (9/9) di sirkuit Misano yang memiliki panjang 4,2 km dengan lebar lintasan 14 m. Ada 16 tikungan (6 ke kiri, 10 ke kanan) pada sirkuit yang memiliki trek lurus sepanjang 530 m tersebut.

Sirkuit Misano rutin menghajat MotoGP San Marino semenjak 2007. Podium teratas kelas primer sudah memunculkan sejumlah nama rider, dengan tiga musim terakhir ada dominasi dari rider pabrikan Honda

Seri MotoGP San Marino

Pada puncak Seri MotoGP San Marino 2018 yang akan digelar pada hari minggu mendatang bakal diwarnai duel seru antara Marc Marquez dan Valentino Rossi. Marquez kini tengah merasakan kenyamanan lantaran memuncaki klasemen sementara dengan 201 poin, unggul 59 poin dari Rossi di posisi kedua.

Marc Marquez, pemuncak klasemen sementara, mampu meraih kemenangan MotoGP San Marino pada tahun 2017 dan 2015. Dani Pedrosa merebut kemenangan lain di tahun 2016.

Dengan keunggulan 59 poin di puncak klasemen sementara MotoGP 2018, Marquez akan membalap di Misano sebagai salah satu favorit. Sebelum Silverstone, Marquez pun secara konsisten mampu naik podium lima kali berurutan, termasuk meraih dua kemenangan.

Terlepas dari semua itu, Rossi tetaplah pebalap legendaris MotoGP. Rider Italia itu memegang tujuh titel juara dunia di kelas 500cc/premier, terbanyak kedua di belakang Giacomo Agostini (8). Selain itu, Rossi masih mampu tetap kompetitif kendati usianya nyaris 40 tahun.

Rossi akan punya ambisi tersendiri di MotoGP San Marino di antaranya mengakhiri paceklik kemenangan Yamaha sejak tengah musim lalu. Sebagai local hero di Misano, motivasi The Doctor” pun semakin membara.

Pebalap MotoGP lain yang harus diperhitungkan di Sirkuit Misano adalah Jorge Lorenzo dari Ducati. Lorenzo tampil trengginas dalam beberapa seri terakhir MotoGP.Terlebih semasa masih di Yamaha, Lorenzo pernah tiga musim beruntun jadi pemenang MotoGP San Marino.

Lantas, siapa yang bakal berjaya di Seri MotoGP San Marino 2018? Kita tunggu saja hasilnya di akhir pekan nanti. (Sbg/Rig)

Comments