Hari Pahlawan
Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November.

Sabigaju.com – Hari ini, Sabtu, (10/11) segenap Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Begitu banyak warganet yang menggemakan  peringatan hari Pahlawan di media sosial Twitter. Hal itu terlihat lewat Tagar #HariPahlawan yang menduduki puncak teratas trending topic di Jagat Twitter Indonesia sejak pagi tadi.

Berbeda halnya dengan dunia maya, berbagai rangkaian acara spesial Hari Pahlawan digelar secara rutin tahunan.

Mulai dari Upacara, Pagelaran Drama Kolosal, Parade Juang. Melalui acara tersebut, kita jadi lebih tahu perjuangan arek-arek Suroboyo dan para pahlawan terdahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA

Tantangan Meneruskan Semangat Hari Pahlawan

Tak sedikit yang kuatir akan memudarnya sosok pahlawan kebangsaan dalam ingatan generasi kekinian. Mereka cenderung lebih mengagumi pahlawan super seperti dalam tokoh-toko fiksi Avenger daripada sosok pahlawan bangsa seperti Sisingamangaraja XII, Pattimura, Tan Malaka dan lainnya.

Namun, rasanya sungguh tidak adil jika harus membandingkan peran perubahan yang dilakukan kaum muda pada masa Bung Tomo itu dengan generasi muda masa kini. Periodesasi waktu dan persoalan yang terjadi sungguh berbeda. Pada masa itu, kaum muda tampil sebagai penggerak perubahan dengan cara mengangkat senjata untuk melawan penjajah.

Kini, disaat abad milenial tantangannya telah bergeser. Tantangan kaum muda abad milenial, begitu pelik, kompleks dan tidak mudah. Tantangan eksternal meliputi kebebasan dan keterbukaan lalu lintas barang, modal, informasi, hingga budaya dari satu negara ke negara lain.

Peran Orangtua Menumbuhkan semangat Pahlawan

Untuk Itu kedepan perlulah kiranya para orangtua memperkenalkan perjuangan pahlawan akan menumbuhkan sikap cinta tanah air. Anak-anak akan mudah merawat bangsa sendiri dan mau memberikan kontribusi seperti apa yang dilakukan para pahlawan.

Orangtua sebagai orang dewasa dapat memberikan upaya terbaiknya dalam memberikan contoh bagaimana dapat mencintai bangsa sendiri. Memberikan pengarahan dan pendampingan yang tepat agar yang dilakukan anak-anak tidak keliru.

Momentum hari pahlawan saat ini seharusnya bisa menguatkan identitas kebangsaan. Apa yang telah diperjuangkan para pahlawan, merupakan warisan tak ternilai dan begitu berharga untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan sebagai negara yang berdaulat.

Mari lanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan kita! Selamat hari peringatan pahlawan 10 November 2018. (Sbg/Rig)

 

Comments