Duduk di lantai baik untuk kesehatan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sebelum kursi mnjadi populer seperti saat ini, manusia punya kebiasaaan duduk di lantai atau tanah yang berlaku hingga kini di sejumlah budaya

Meski sebagian orang merasa tidak nyaman melakukannyai, karena alasan nyeri sendi, tapi duduk bahkan makan di lantai bisa menyehatkan. pencernaan..

Bahkan kebiasaan duduk di lantai juga baik sirkulasi darah dan jantung kalian. Nah berikut beberapa manfaat sehat duduk di lantai.

BACA JUGA: Kelamaan Duduk Bikin Kamu Beresiko Depresi

1. Mendorong Stabilitas alami

Tanpa dukungan kursi, aktivitas duduk ini memaksa kita mengencangkan otot inti untuk mempertahankan stabilitas atau keseimbangan.

2. Tegangan pinggul lebih minim

Ketika kita melakukan aktivitas ini, kita dapat dengan mudah meregangkan fleksor pinggul. Hal ini berbeda kalau kamu duduk di kursi dalam waktu lama bisa membuat pinggul kencang dan kaku.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Posisi duduk ini juga  memungkinkan kita untuk meregangkan otot-otot tubuh bagian bawah.

Khusus usia muda, duduk di lantai dengan posisi mirip padmasana–posisi yoga– bagus untuk persendian. Duduk di lantai akan membangun dan mendukung tulang serta sendi lebih lentur.

BACA JUGA:  Terlalu Banyak Duduk, Awas Serangan Cervical Root Syndrom 

4. Meningkatkan mobilitas

Karena duduk ini membuat kita lebih aktif meregangkan otot-otot tubuh, mobilitas tubuh pun akan lebih baik.

5. Lebih Banyak Aktivitas Otot

Beberapa posisi duduk ini  seperti berlutut atau jongkok, adalah posisi istirahat yang aktif. Artinya, posisi-posisi tersebut membutuhkan lebih banyak aktivitas otot, daripada duduk di kursi.

6.  Baik untuk Saraf

Makan sambil melakukkan posisi duduk ini ternyata baik untuk fungsi saraf vagus. Saraf yang berguna untuk fonasi–proses–berbicara dan menelan bekerja lebih efektif.

Makan sambil duduk di lantai juga bisa membuat Anda lebih mudah kenyang dan porsi makan pun terkontrol.

BACA JUGA: Peregangan Penting Buat Kamu yang Duduk Seharian di Kantor

Efek Samping

Meski ada beberapa manfaat dari kebiasaan duduk ini, ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi terutama jika kamu duduk dalam postur yang tidak tepat, di antaranya:

Tekanan ekstra pada persendian, terutama pada tungkai bawah, lutut dan pergelangan kaki.

Efek lainnya adalah sirkulasi darah berkurang. Beban tubuh bagian atas dapat menurunkan sirkulasi di tungkai bawah.

Duduk di lantaii juga dapat menyebabkan sakit punggung dan postur tubuh memburuk. Perhatikan kembali posisi duduk karena penting untuk menghindari bungkuk.

Comments