Dua warna
(Foto: Pexels/rawpixel)

Sabigaju.com – Mungkin Sobat Sabi sudah mendengar beberapa kali kalau warna memiliki efek psikologis bagi yang melihatnya. Para peneliti di American Association for Advancement of Science telah menemukan kalau ada dua warna yang bisa membantu merangsang kreativitas dan kecerdasan manusia. Paparan dari dua warna tersebut bisa meningkatkan ingatan dan inovasi dalam dirimu.

Profesor Juliet Zhu memimpin penelitian yang merepresentasikan peserta dengan berbagai tugas yang menuntut untuk kreatif dan fokus. Tantangan tersebut dilakukan pada komputer dengan latar belakang merah atau biru.

BACA JUGA: Kenapa Warna Merah Bikin Kamu Tenang Saat Lapar Datang?

Hasilnya menunjukkan bahwa bekerja dengan latar merah akan membantu meningkat fokus saat bekerja. Sementara bekerja dengan latar biru menghasilkan ide kreatif yang lebih banyak dua kali lipat.

(Foto: Unsplash/Christian Stahl)

Kedua warna tersebut memang unik karena memiliki andil dalam meningkatkan kinerja seseorang. Dari penelitian ini, Profesor Zhu menyampaikan kesimpulannya bahwa warna merah diasosiasikan dengan bahaya, kesalahan, dan kehati-hatian sehingga warna ini merangsang seseorang untuk lebih memperhatikan dan bertindak dengan hati-hati.

Sementara warna biru dikaitkan dengan efek tenang dan motivasi positif. Profesor Zhu menjelaskan kalau warna biru diasosiasikan dengan keterbukaan, kedamaian, dan ketenangan.

BACA JUGA: 8 Brand Populer Ini Punya Pesan Rahasia pada Logonya
(Foto: Unsplash/Christian Chase)

Warna biru memungkin akan mengaktifkan motivasi pendekatan sehingga mendorong orang untuk memunculkan inovasi dalam pemecahan strategi.

Kesimpulannya, Sobat Sabi yang ingin berpikir kritis tak ada salahnya mengganti wallpaper di dekstop atau smartphone dengan warna merah. Sementara saat kamu perlu brainstorming, wallpaper warna biru bisa membantu. Selamat membuktikan teori ini di kehidupan nyata ya! (Sbg/Erny)

Comments